Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

4 Efek Samping Bawang Putih

0 45

JAKARTA,PenaMerdeka – Pernahkah Anda berpikir bahwa bawang putih bisa menyebabkan efek samping yang serius? Mengkonsumsi umbi ini atau terlalu banyak mengkonsumsinya dapat mempunyai efek samping pada tubuh yang bisa mengancam nyawa.

Mengutip Boldsky, bahan umum yang biasa digunakan di semua jenis masakan karena dapat meningkatkan rasa. Tidak hanya digunakan dalam hal memasak, bahan ini juga digunakan untuk pengobatan tradisional.

Bawang putih mengandung banyak mineral penting yakni kalsium, besi, yodium, belerang, dan sebagainya yang membantu mengurangi penyakit. Termasuk juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, karena konsumsinya atau memakannya secara mentah, hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan. Nah, berikut ini beberapa efek samping jenis umbi lapis ini yang sudah dirangkum oleh PenaMerdeka.com untuk Anda:

1. Diare

Diare dapat terjadi jika Anda mengkonsumsi bawang putih saat perut kosong. Itu karena fruktans yang bisa menyebabkan kembung dan menyebabkan gas di perut. Jadi, jika Anda menderita kembung, kurangi jumlahnya dalam makanan Anda.

2. Mual, Muntah dan Mulas

Menurut National Cancer Institute, mengkonsumsi ini segar atau minyaknya saat perut kosong bisa menyebabkan mulas, mual dan muntah. Sebuah laporan yang dimunculkan Harvard Medical School menyatakan bahawa bahan ini memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit refluks gastroesophageal.

3. Pusing

Bahan ini menunjukkan tanda pusing pada beberapa orang. Para ahli menyarankan bahwa ini dapat jadi karena makan jenis umbi ini jika berlebihan yang bisa menurunkan tekanan darah atau hipotensi. Gejala umum hipotensi ialah pusing sehingga orang yang menderita tekanan darah rendah harus mengingat ini.

4. Sakit Kepala

Jika bawang putih mentah dimakan, dapat memicu sakit kepala migrain. Bahan ini mungkin merangsang saraf trigeminal agar melepaskan molekul pensinyalan neuron yang disebut neuropeptida yang mengalir ke selaput menutupi otak Anda yang menyebabkan sakit kepala migrain. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...