Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

11.000 Warga Serang Belum Rekam KTP Elektronik

SERANG,PenaMerdeka – Kepala Disdukcapil Kota Serang, Ipiyanto mengingatkan kepada warga Kota Serang yang belum merekam atau mencetak KTP Elektronik (KTP-el) harus segera merekam. 

Hal tersebut karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang memprediksi, bahan untuk pencetakan kartu ini akan habis bulan April 2018 mendatang.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kemendagri, ada sekitar 9.000 warga Kota Serang yang belum melakukan perekaman, berbeda jauh dengan data Disdukcapil Kota Serang yang mencatat sekitar 11.000 warga belum melakukan perekaman dan pencetakan KTP Elektronik.

“Ya kami prediksi tinta untuk mencetak kartu ini hanya sampai bulan April saja, karena anggaran untuk pengadaan tintanya dicoret,” jelas Ipiyanto, Selasa (6/3/2018).

Ipiyanto mengungkapkan, alasan pencoretan anggaran itu dikarenakan penghematan, walupun di sisi lainnya, ia merasa pos anggaran itu harusnya tidak termasuk yang dihemat oleh Pemkot Serang.

“Kan ada penghematan, jadi dialihkan, dari belanja barang dan jasa ke belanja modal. Belanja barang dan jasa memang belanja sudah habis pakai, tapi ya harusnya jangan tinta yang dialihkan loh,” keluhnya.

Menurut Ipiyanto, pihaknya tengah bergantung kepada Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat untuk pengadaan kembali tinta.

“Seperti diketahui, kalau bicara DAK pasti cairnya lama, bisa sampai akhir tahun ini,” imbuhnya.

Sedangkan, jumlah warga yang belum melakukan perekaman ada perbedaan antara data Kemendagri dengan yang dimiliki oleh Disdukcapil Kota Serang, hal ini akan segera dilakukan sinkronisasi, terutama terkait penetapan Daftar Pemilih Tunggal (DPT) Pilkada Kota Serang nanti.

“Kalau kemarin Kemendagri melaporkan, ada sekitar 9.000 warga Kota Serang yang belum melakukan perekaman KTP-Elektronik, kalau di kami tercatatnya sekira 11.000, kami meminta datanya ke Kemendagri agar melakukan sinkronisasi. Namun untuk Pilkada nanti, kami pastikan akan memberikan pelayanan yang maksimal,” tungkasnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan