Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Kenapa Kades Sukatani Ini Dipecat Tidak Terhormat Bupati Serang

0

Kabupaten Serang – Adra’i alias Alex bernasib sial, Kepala Desa (Kades) Sukatani, Cikande itu setelah kedapatan memakai narkotika golongan satu, akhirnya harus rela diberhentikan secara tidak terhormat oleh Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, Banten.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun bahwa Adrai memang mempunyai track record buruk dalam pekerjaan, pasalnya selama enam bulan ia absen dari tugasnya sebagai kades.

“Surat keputusannya kemarin jatuh pada hari Kamis (16/6/2016) dan sudah ditandatangani,” jelas Syamsudin, Kabag Hukum Setda Kabupaten Serang, Jumat (17/6).

Adra’i dipecat lantaran terbukti secara sah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri.

Hal ini berdasarkan petikan putusan Pengadilan Negeri Serang Nomor : 567/Pid.Sus/2015/PN.Serang. Adra’i sudah menjalani hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan tersebut.

Selain itu, pertimbangan lain pemecatan Adra’i adalah karena ia tak melaksanakan tugas secara berturut-turut selama 6 bulan.

Syamsudin menyatakan, dirinya sudah menyampaikan SK pemberhentian kades ini kepada camat. “Selanjutnya nanti camat yang menyampaikan kepada yang bersangkutan,” ungkapnya.

Dikatakan, sebelum mengangkat penjabat kepala desa definitif maka tugas pelayanan sehari-hari di desa tersebut dilaksanakan oleh sekretaris desa (sekdes).

“Plh Sekdes paling lama sepuluh hari yang akan mengantar penjabat untuk menyiapkan pilkades. Penjabat kepala desa ini berasal PNS dari Pemkab Serang yang mengerti masalah pemerintahan,” ujarmya.

Dikatakan, pelaksanaan pilkades di Desa Sukatani sedang dikaji untuk digelar pada 2017 bersama dengan pilkades di 35 desa lainnya di Kabupaten Serang. (iday/dbs)