HUT RI 76

Evaluasi Supaya Tepat Sasaran Dinkes Kota Tangerang Gelar Koordinasi Program

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dalam rangka memaparkan program dan evaluasi persoalan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar koordinasi dengan Puskesmas dan masyarakat.

Berlangsung di Aula Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, kegiatan tersebut sasaran utamanya adalah meberi edukasi kepada masyarakat, tetang bagaimana mengatasi terkait permaslahan kesehatan yang ada di lingkung Puskesmas itu sendiri.

Drg. Televisianingsih, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tangerang mengatakan, pasalnya tak mungkin targer kesehatan baik tercapai kalau semuanya bekerja dan berjuang sendiri-sendiri.

“Maka ayo kita bersama-sama bekerja, sama-sama berjuang mengatasi permasalah-permasalahan kesehatan yang ada di Kota Tangerang,” terang Televisianingsih, Jumat (11/5/2018).

Dia melanjutkan, dengan adanya koordinasi ini, apa yang diprogramkan oleh Dinkes Kota Tangerang, targetnya bisa tercapai dan memuaskan.

“Contohnya, pelayanan balitanya dan kunjungan Posyadunya masih kurang, pemberian vitamin A juga masih belum, kemudian pelayanan sekolah dalam penjaringan juga masih belum mencapai target, hipertensi, dieabetes dan ODGJ dan ibu yang belum KB, juga masih ada, maka ayo bagai mana caranya kita selesaikan secara bersama-sama, karena kalau hanya mengandalkan itu tak akan tuntas,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, masyrakat bisa menjadi kepanjangan tangan Pusksemas dan Dinkes Kota Tangerang mengajak masyarakat lain juga supaya sadar tentang pentingnya informasi kesehatan.

“Misal ada ibu yang ingin melahirkan diajak ke Puskesmas, ada kasus pendarahan, kesulitan transfortasi dan tidak punya jaminan kesehatan. Tetapi masyarakat lah yang menjadi kepanjangan tangan juga memberikan informasi kepada kita,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, Dinkes Kota Tangerang telah banyak memberikan inovasi, seperti kartu Si kandi, Si Minah, Si Mintul, sedangkan dari Puskesmas ada Kapas, Kolostrum dan ada To Kinclong.

“Itu adalah langkah-langkah nyata yang sudah dilakukan oleh teman-teman di Puskesmas dan teman-teman di Dinas,” ujarnya.

Dikatakanya lagi, pihak Dinkes juga telah melakukan koordinasi di lima Kecamatan, natinya secara keseluruhan akan terus dilakukan di 13 Kecamatan se-Kota Tangerang.

Dinkes Kota Tangerang akan datangi satu persatu, ini sudah lima Kecamatan dan tinggal delapan Kecamatan lagi, maka dengan adanya ini, masyarakat diharapkan bisa lebih berperan aktif dalam mengakat derajat kesehatan masyarakat dan jadilah survailen kesehatan berbasis masyarakat,” tandasnya. (advetorial)

Disarankan
Click To Comments