HUT RI 76

Ayam Goreng Serundeng Pas Disantap untuk Makan Malam

JAKARTA,PenaMerdeka – Ayam goreng masih menjadi santapan favorit sehari-hari. Selain rasanya yang lezat, mengolah ini juga sangat mudah. 

Jika bosan dengan hidangan yang digoreng begitu saja, Saat ini waktunya berkreasi dengan membuat hidangan dengan Serundeng.

Membuat menu yang satu ini cukup mudah dan dapat disajikan saat santap siang ini. Berikut resep membuat Ayam Goreng Serundeng yang sudah disiapkan dari PenaMerdeka.com untuk Anda;

Bahan-bahan:

½ ekor ayam broiler, potong 8
1 batang sereh
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
½ butir kelapa parut
½ butir jeruk nipis
800 ml santan cair
Garam
Gula

Bumbu halus:

2 butir kemiri
1 sdt ketumbar biji
¼ sdt merica biji
1 ruas jahe
2 ruas lengkuas
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 ruas kunyit

Proses pembuatan:

Pertama, Anda rendam olahan dalam perasan jeruk nipis dan diamkan sebentar. Geprek sereh lalu tumis sampai harum. Lalu msukan bumbu halus daun jeruk dan daun salam, setelah itu masukan ayam dan aduk sebentar hingga ayam berubah warna.

Masukan kelapa parut aduk, tambahkan santan lalu berikan bumbu perasa. Masak sampai matang dan asat. Pisahkan ayam dari dedaknya dinginkan sejenak. Panasjan minyak untuk menggoreng.

Terakhir goreng hingga kecoklatan dan angkat. Goreng dedak sisa ungkep dan angkat. Sajikan bersama serundengnya dengan nasi hangat. Ayam goreng serundeng siap disajikan bersama keluarga untuk santap siang. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments