Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Waspada! Sering Ngupil Sembarangan Berbahaya Bagi Kesehatan

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Kegiatan ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang. Kebiasaan ngupil sembarangan jelas tidak dilakukan di hadapan publik, namun dilakukan ketika dirasa tak ada seorang pun yang melihatnya.

Kegiatan ini tidak hanya mengganggu pandangan seseorang, namun ebiasaan buruk seperti ini ternyata mempunyai dampak buruk bagi kesehatan.

Melansir dari Boldsky, ini tak higienis, ngupil sembarangan ternyata sangat tidak sehat bagi kekebalan. Kulit dalam bisa terkoyak dan bahkan merobek septum antara dua lubang hidung jika terlalu kasar. Berikut efek buruknya bagi kesehatan;

1. Terinfeksi

Saat memasukkan jari ke lubang hidung, tindakan ini dapat menjebak kotoran di bawah kuku, kemudian menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Bakteri ini menemukan jalan ke tubuh dan dapat memicu infeksi lain.

2. Mimisan

Kondisi ini sangat umum terjadi. Dengan cara yang terlalu agresif bisa dengan mudah merusak ataupun merobek kulit dalam hidung. Terlebih berbahaya jika Anda melakukan kegiatan ini dengan kuku tajam.

Mimisan membutuhkan waktu akan pemulihan penuh, namun orang yang kerap melakukan ini tidak suka menunggu dan segera mrlakukanya lagi, sehingga dapat memicu kerusakan lebih.

3. Merobek septum nasal

Dalam kasus yang lebih ekstrem, kegiatan ini juga dapat merusak septum dalam hidung atau lapisan tulang rawan tipis yang bisa memisahkan dua lubang hidung.

Orang yang mengenakan kuku untuk menggaruk kotoran dari hidung bisa merusak septum dan menyebabkan pendarahan. Luka seperti ini biasanya sulit disembuhkan dan bisa menyebabkan iritasi serta nyeri saat Anda ngupil sembarangan. (hisyam/dbs)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

elementum dolor. ante. ipsum tristique fringilla at ut ut commodo