700 Warga Iran Tewas Akibat Konsumsi Jamur Liar

TEHERAN,PenaMerdeka – Dinas darurat Iran menyatakan lebih dari 700 orang keracunan setelah mengkonsumsi jamur liar. Sementara itu, puluhan lainnya masih dalam kondisi kritis di rumah sakit sekitar.

“Statistik darurat menunjukkan bahwa 721 orang keracunan, 190 di antaranya dirawat di rumah sakit, 523 dibersihkan racunnya dan sembilan meninggal,” papar Mojtaba Khalidi, juru bicara layanan darurat, Minggu (20/5/2018).

Melansir sari Russia Today, 50 dari korban yang dirawat di rumah sakit di delapan provinsi Iran berada dalam kondisi kritis setelah mengkonsumsi jamur liar, beberapa diantaranya membutuhkan transplantasi hati untuk menyelamatkan.

Kementerian Kesehatan Iran mengaitkan insiden ini dengan hujan lebat di daerah pegunungan di negara dan mengeluarkan peringatan yang meminta warga agar menghindari makan jamur dan tidak dikenal.

Terlebih, untuk menahan diri untuk tidak menyentuh tumbuhan itu lantaran beberapa spesiesnya dapat menyebabkan keracunan jika bersentuhan dengan kulit.

Pihak berwenang meminta masyarakat untuk tidak membeli jamur liar dari pedagang kaki lima. “Mereka yang mengalami sakit perut, mual, muntah, atau pusing berat disarankan minum banyak cairan dan segera mengunjungi pusat kesehatan,” pungkas pihak berwenang. (PenaMer)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah