Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kemenag Kota Tangsel Sebut Potensi Zakat Fitrah Capai Rp5 Miliar

0 163

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengatakan, potensi zakat fitrah di wilayah berpenduduk sekira 1,5 juta jiwa ini pada tahun 2018 mencapai lebih dari Rp5 miliar. 

“Potensinya cukup besar, di atas Rp5 miliar, terlebih jika digabung dengan zakat mal. Cuma kembali lagi dari kesadaran muslim Muzakkinya (orang yang wajib mengeluarkan zakat harta), mau tak dia bayar zakat,” cakap Abdul Rozak, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Senin (5/6/2018).

Besaran zakat fitrah bagi masyarakat Tangsel sendiri sudah ditetapkan sebesar Rp35 ribu atau senilai 3,5 liter beras. Jumlah ini dirumuskan berdasarkan keputusan bersama antara MUI, Pemerintah Kota, serta instansi lainnya.

“Sebelum penentuan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan diminta Baznas serta Kemenag untuk mengkalkulasi daya beli beras masyarakat Tangsel di level berapa. Saat di survei, ternyata disini beli beras di harga 10 ribu sampai 11 ribu, disimpulkan, kemampuan masyarakat seharga tersebut, sehingga keputusan sebesar Rp35 ribu,” paparnya.

Menurutnya, jumlah setiap wilayah berbeda-beda dan tergantung dari kemampuan daya beli masyaraka. Bisa jadi, nilai di daerah Kabupaten Lebak, Pandeglang, rendah dari besaran di Kota Tangsel karena menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi di wilayah.

Data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten menyatakan, prosentase jumlah penduduk miskin tahun 2017 lalu yang tertinggi berada di Kabupaten Pandeglang, yaitu 9,75 persen, setelah itu Kabupaten Lebak 8,64 persen.

Kemudian nilai perolehan zakat fitrah Kota Serang 5,57 persen, Kabupaten Tangerang 5,39 persen, Kota Tangerang 4,95 persen, Kabupaten Serang 4,63 persen, Kota Cilegon 3,52 persen, serta juga Kota Tangsel yang hanya di angka 1,76 persen. (danil/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...