Ini Cara Cegah Berat Badan Tak Naik Usai Lebaran

JAKARTA,PenaMerdeka – Berhasil menurunkan bobot tubuh selama ibadah puasa Ramadhan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang. Tetapi, jangan sampai kebahagiaan itu berubah saat Lebaran lantaran berat badan yang melonjak akibat pola makan balas dendam.

Supaya tetap terjaga, nutrisionis Leona Victoria Djajadi menyarankan agar membatasi asupan makanan. Jangan lupa minum segelas air putih sebelum makan dan juga mulai dengan konsumsi buah.

Cara menurunkan berat badan ini bisa membantu menjaga kestabilan bobot khususnya apabila makanan yang disantap berlemak, bersantan serta digoreng.

“Setelah makan buah setelah itu mulai nasi dengan porsi setengah piring untuk sayur, seperempat piring nasi, dan juga seperempat lagi untuk lauk,” anjuran Victoria.

Sebaiknya, Anda hindari kue-kue kering Lebaran meski dinilai sangat menggoda. Namun, jika masih terasa lapar, atasi dengan minum air putih atau konsumsi buah.

Apabila Anda ingin kembali menyantap sepiring nasi, berikan sedikit jeda minimal satu jam dari makan sepiring nasi sebelumnya.

“Diharapkan dengan memberi jeda itu nafsu makan sudah hilang, terutama jika memang hanya terbawa nafsu melihat makanan yang berlimpah ini supaya berat badan terkontrol,” pungkasnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan