Menlu: Indonesia dan Jepang Sepakat Bantu Palestina

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat untuk meningkatkan bantuan kepada Palestina. Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono di Jakarta, Senin (25/6/2018) tadi.

Dalam pernyataan pers bersama Menlu Retno mengatakan kedua negara memahami pentingnya upaya mendorong kerja sama selatan-selatan dan triangular untuk memperkuat dukungan pembangunan ekonomi di negara itu dan negara-negara di kawasan Afrika.

“Kami sepakat untuk meningkatkan bantuan ke Palestina melalui kerja sama selatan-selatan dan triangular, yaitu melalui pertemuan CEAPAD yang akan berlangsung di Bangkok. Kami bertolak ke Bangkok pada tanggal 27 Juni mendatang,” jelas Retno.

Diplomat top Indonesia itu menambahkan pertemuannya dengan Menlu Taro bertujuan meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara yang mencakup bidang politik dan keamanan, ekonomi, perdagangan serta investasi, people to people contact, penjajakan peluang kerja sama strategis kedua negara.

Pertemuan dua menlu ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia-Jepang. Jepang merupakan mitra kerja sama strategis Indonesia dan kedua menlu ini memahami pentingnya peningkatan kerja sama di bidang investasi, khususnya pada bidang infrastruktur.

Saat ini, Jepang tercatat sebagai investor terbesar kedua di Indonesia yang bernilai investasi USD5 miliar pada 2017. Ditinjau nilai perdagangan, neraca kedua negara pada 2017 meningkat sebesar 13,54 persen dari 2016, yakni mencapai USD33,03 miliar.

Selain membahas Palestina dan perkembangan hubungan kedua negara, Retno dan Taro turut membahas mengenai situasi di kawasan Laut China Selatan, situasi di Semenanjung Korea dan juga perubahan iklim. (redaksi)

Disarankan
Click To Comments