Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pendaki Asal Australia Berhasil Diselamatkan dari Gunung Salju Selandia Baru

0 110

SYDNEY,PenaMerdeka – Pendaki asal Australia berhasil diselamatkan dari gunung bersalju yang berada di Selandia Baru karena terjebak dalam suhu beku selama tiga hari.

Proses penyelamatan sempat terhalang cuaca buruk dan risiko salju yang memungkinklan bisa longsor. Kekhawatiran atas kondisi Terry Harch, 29, itu muncul usai dia mengaktifkan alat pelacak satelit yang dibawanya pada Selasa (31/7) lalu. Saat itu ia tengah mendaki sendiri di Gunung Aspiring, South Island.

“Ini hasil yang hebat karena kami tak ingin pendaki asal Australia itu menghabiskan waktu satu malam lagi di gunung itu,” kata Neville Blakemore, petugas Pusat Koordinasi Rescue Selandia Baru, kemarin.

Harch ditemukan dalam kondisi masih hidup pada ketinggian gunung 3.033 meter di atas permukaan laut dan menderita frostbite ringan lantaran suhu turun di bawah nol derajat Celsius.

Cuaca buruk di pegunungan itu diketahui sempat menghambat proses penyelamatan hingga kemarin.

“Ini hari yang sulit dengan angin, awan, dan kondisi salju sampai menghalangi helikopter mencapai lokasi di gunung hingga siang ini, saat jendela cuaca terbuka,” pungkas tim penyelamat.

Tim penyelamat kagum karena pendaki asal Australia itu masih bisa berdiri dan melambaikan tangan ke helikopter. Angin beku di gunung itu mempunyai kecepatan 60 km/-jam dan salju tebal yang menyelimuti pegunungan. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...