Awas! Konsumsi Fast Food 3 Kali Seminggu Risiko Alami Asma

 

JAKARTA,PenaMerdeka – Fast food memang kerap dipilih sebagai menu sarapan karena rasanya yang lezat dan cepat. Namun, waspada dibalik kenikmatan itu terdapat bahaya.

Mengutip dari Daily Mail, penelitian jurnal Respirology mengungkapkan, konsumsi hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit asma.

Peneliti dari Sichuan University, China, menganalisis 16 penelitian yang menghubungkan orang yang mengkonsumsi fast food dengan risiko asma, alergi dan juga gangguan pernapasan lainnya.

Hasilnya menunjukkan konsumsi seperti burger dan pizza tiga kali dalam seminggu meningkatkan risiko kematian akibat dari penyakit asma. Kondisi seperti ini dipicu karena kekambuhan asma meningkat lebih dari 4 kali dalam satu tahun.

“Mengonsumsi terlalu sering, hingga tiga kali dalam seminggu, membuat penyandang asma mengalami gejala demam, eksim, hidung tersumbat, hingga bersin-bersin serta sesak napas,” kata peneliti.

Sementara, kekambuhan dan keparahan asma disebabkan kandungan nutrisi. Kandungan yang tertinggi lemak yang bisa menyebabkan peradangan saluran napas dan kerongkongan sehingga sirkulasi udara dan pernapasan terhambat dan menyebabkan asma.

Peneliti juga melihat hubungan antara obesitas dan risiko kekambuhan asma. Dimana jika sering mengonsumsi fast food, maka risiko obesitas semakin meningkat. Tanpa disadari, hal seperti ini bisa membuat kekambuhan asma jadi lebih meningkat. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah