Di Tangsel, Silat Betawi Bakal Masuk Daftar Ekskul Sekolah Formal

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Silat betawi bakal masuk kedalam daftar ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah formal yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal ini tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelestarian Kebudayaan Betawi.

“Ada masukan dari banyak tokoh soal silat betawi yang harus dimasukan dalam daftar ekskul di sekolah formal,” jelas Syihabuddin Hasyim, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Masukan soal pasal khusus mengenai ini, lantaran melihat saat ini beberapa padepokan yang menjaga kelestarian mulai sepi peminat.

“Karena ini bukan cabang perlombaan, tetapi adalah kesenian dan kebudayaan yang harus dijaga seluruh pihak. Maka itu usulan yang mengharuskan ada pasal khusus ini,” cakapnya.

Ia menambahkan, agar Perda ini dapat segera disahkan dan sudah mulai diberlakukan pada 2019 nanti. Sehingga bentuk penganggaran bisa dianggarkan di APBD Murni 2019.

“Selain silat betawi ini, nanti bakal ada seluruh aspek kebudayaan betawi yang berada di Kota Tangsel dijaga kelestariannya. Mulai dari sejarah, seni, dan kebudayaan,” pungkasnya. (daniel)

Disarankan
Click To Comments