Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Catat! Ini Kebutuhan Nutrisi yang Harus Dijaga untuk Kaum Hawa

0 209

JAKARTA,PenaMerdeka – Kebutuhan nutrisi dinilai memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Terlebih kepada mereka yang mengikuti gaya hidup sehat dan mengkonsumsi diet seimbang.

Sementara, wanita umumnya mengalami perubahan biologis tubuh. Saat beralih ke masa remaja, mereka mengalami perubahan fisik dan biologis yang meliputi mencapai pubertas.

Untuk itu, pastikan mencukupi semua jenis buah dan sayuran dalam makanan. Berikut adalah kebutuhan nutrisi yang harus dimiliki wanita, termasuk pula mereka yang dalam kelompok usia;

1. Asam lemak omega-3

Ini dikenal baik untuk jantung dan mengurangi risiko kelahiran prematur terkait dengan berbagai masalah kesehatan di masa depan, seperti juga penyakit pernapasan, paru-paru kronis serta lainnya.

Menurut pakar kesehatan wanita hamil disarankan untuk mendapat asupan harian 0,6 hingga 0,8 mg omega- 3 asam lemak. Makanan kaya asam lemak omega-3, yaitu ikan berminyak (mackerel, salmon, sarden, herring), kaviar, biji (rami, chia), kedelai, dan juga kenari.

2. Sumber protein tanpa lemak

Protein didefinisikan sebagai blok bangunan pada tubuh Anda. Ini sangat membantu meningkatkan energi seseorang serta kesehatan jantung.

Beberapa makanan yang biasa dikenal sebagai sumber protein tanpa lemak adalah daging unggas putih, yoghurt, susu, keju dan produk susu rendah lemak, biji-bijian, kedelai, kacang polong, dan juga daging sapi tanpa lemak.

3. Zat besi

Bantuan zat besi dinilai membawa oksigen melalui tubuh dari paru-paru. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan wanita secara khusus kehilangan zat besi setiap bulan setelah menstruasi.

Menurut para ahli, 8 mg zat besi wajib dikonsumsi per hari oleh kaum hawa, sebelum mulai menstruasi dan sekitar 15 mg setelah menstruasi. Yaitu seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang polong, kacang mete, biji-bijian, kerang, hati serta tuna.

4. Kalsium

Kalsium dinilai jadi kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dalam tubuh. Mineral ini memainkan peran yang penting dalam pembekuan darah, pensinyalan sel dan agar menjaga teraturnya detak jantung.

5. Asam folat

Wanita pada usia subur harus mencakup hingga 400 mcg asam folat dalam makanan mereka yang dikonsumsi setiap hari, ini juga membantu menjaga anak lahir cacat.

Selain itu, asam folat pun membantu perkembangan otak bayi dan juga sumsum tulang belakang. Sayuran hijau gelap dan buah jeruk menjadi sumber kebutuhan nutrisi ini. Beberapa sumber asam folat yang baik, antara lain adalah bayam, telur, kacang-kacangan, dan juga hati sapi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...