Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Jangan Remehkan Insomnia, Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

0 59

Gejala kelainan kesulitan tidur atau biasa disebut insomnia seringkali terjadi baik saat masih usia muda maupun sudah berusia lanjut, keadaan ini biasanya berefek pada ganguan fungsional dan terjadi setelah bangun dari tidur.

Sebuah survei yang dilakukan oleh American Cancer Society menyatakan bahwa dari 1,1 juta penduduk di Amerika ditemukan bahwa orang tidur dalam 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih beresiko dan semakin tinggi tingkat kematiannya.

Karena itu insomnia selain sangat mengganggu aktifitas istirahat juga dapat menyebabkan seseorang mengalami resiko kematian lebih tinggi bila tidak disikapi lebih dini dan dilakukan langkah untuk mengatasinya.

Atasi masalah kesulitan tidur dengan melakukan hal berikut

1. Hindari Cahaya Saat Tidur
Apabila ingin tidur nyenyak dan nyaman, disarankan untuk menghindari sumber cahaya, seperti lampu, cahaya TV, komputer, dan lainnya. Karena cahaya tersebut dapat menghambat proses produksi hormon melatonin. Untuk itu, sebelum tidur pastikan dulu mematikan alat elektronik yang memiliki cahaya supaya tidak mengganggu aktifitas istirahat . Sehingga tidur pun akan lebih berkualitas.

2. Hindari Kafein
Makanan dan minuman yang mengandung kafein disarankan untuk dihindari seperti kopi, coklat, teh dan lainnya. Karena dapat mengganggu aktifitas istirahat . Jadi sebelum tidur, alangkah baiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut agar tidur pun bisa lebih cepat dan nyenyak.

3. Olahraga Teratur
Pada artikel lainnya sudah kami informasikan mengenai manfaat olahraga. Biasakan untuk rutin berolahraga sebelum tidur, tetapi jangan terlalu dekat waktunya dengan waktu tidur . Berilah jarak 3-4 jam sebelum tidur. Dengan berolahraga akan menghasilkan energi dan dampaknya dapat tidur lebih pulas.

4. Jangan Merokok
Mengenai bahaya merokok memang kebiasaan buruk ini, mempunyai banyak dampak negatif untuk kesehatan . Nikotin yang ada dalam rokok akan membuat susah tidur dan jika sudah lama mengidap insomnia, malahan akan memperburuk situasi itu. Jadi, berhentilah merokok dari sekarang bila ingin istirahat dengan nyaman dan kesehatan tubuh pun akan terjaga juga.

5. Hindari Minuman Beralkohol
Menurut sebagian orang dengan minum alkohol dapat membuat mereka mengantuk. Memang benar, tetapi mengkonsumsi alkohol tidak akan bisa membuat tidur dengan nyenyak. Malahan alkohol akan memperburuk insomnia . Untuk itu, janganlah minum alkohol karena bukan cara yang baik untuk mengobati insomnia dan kesehatan tubuh juga terancam.

6. Hindari Situasi Stres Di Malam Hari
Jika sedang mempunyai masalah, lupakanlah sejenak segala urusan pekerjaan atau keluarga. Karena itu dapat membuat aktifitas istirahat terganggu dan kesehatan juga terancam. Untuk itu, biasakanlah selalu melakukan kegiatan yang menyenangkan sebelum tidur agar pikiran dapat lebih tenang. Maka tidur pun dapat lebih berkualitas. Setelah bangun pasti akan bugar dan dengan pikiran yang sudah tenang, pasti bisa menemukan solusi dalam memecahkan segala urusan.

7. Singkirkan Gadget Dari Tempat Tidur
Ini merupakan kebiasaan buruk yang susah dihindari pada zaman yang sudah modern ini. Padahal kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan susah tidur. Karena pasti tidur tidak akan fokus jika masih ada dipikiran untuk menggunakan gadget sebelum tidur. Bahaya lainnya dari gadget yaitu radiasi dari gadget dapat merusak otak dan fungsi organ seksual terganggu. Jadi, singkirkanlah sejenak gadget sebelum tidur, karena masih ada waktu yang lain untuk menggunakannya. Sehingga aktifitas tidur pun menjadi tidak terganggu dan akan lebih nyenyak.

8. Bersihkan Kamar
Dengan menjaga kebersihan kamar, akan membuat suasana kamar lebih nyaman. Untuk itu biasakanlah menyapu kamar dari debu dan kotoran yang ada. Selain itu, cobalah untuk rutin mengganti seprei tempat tidur seminggu sekali dan jika ingin lebih nyaman, pasanglah pengharum ruangan dalam kamar . Maka istirahat malam akan lebih berkualitas dan kebersihan kamar pun terjaga.

Penggunaan obat-obatan salahsatu yang sering dilakukan, pertimbangkan untuk menghindarinya. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...