Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

2779 Data Pemilih Ganda Dicoret dari DPT Pemilu 2019

106

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – KPU Kota Tangerang mencoret sebanyak 2779 data pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu tahun 2019.

Pencoretan data ganda tersebut dilakukan pada saat rapat pleno terbuka penetapan DPT hasil perbaikan yang digelar KPU Kota Tangerang, Kamis (13/9/2018).

Seperti diketahui, penetapan DPT dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sudah diumumkan pada tanggal 21 Agustus 2018 lalu.

Ahmad Saylendra, Kepala Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Tangerang mengatakan, pencoretan data pemilih ganda pada DPT Pemilu tahun 2019 dilakukan karena telah ditemukannya data ganda pada DPT yang sudah di tetapkan pada bulan Agustus lalu.

Setelah dilakukan pencermatan secara seksama oleh KPU dan Bawaslu Kota Tangerang serta para pengurus partai politik, akhirnya ditemukan juga sebanyak 2779 data ganda yang kemudian akan di hilangkan dari DPT.

“Dari DPT yang semula ditetapkan sebanyak 1.061.880 setelah dikurangi data ganda hasil pencermatan bersama yang jumlahnya mencapai 2779, KPU menetapkan sebanyak 1.059.101 untuk menjadi DPT Pemilu tahun 2019 nanti,” ucap Kepala Divisi yang kerap dipanggil Indra ini kepada Penamerdeka.com, Jumat (14/9/2018).

Indra mengungkapkan, terjadinya data pemilih ganda disebabkan karena pada Pilkada Kota Tangerang yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni lalu, para pemilih melakukan pencoblosan dengan menggunakan KTP, padahal data pemilih tersebut sudah tercantum dalam DPT untuk Pilkada tahun 2018.

Selain itu juga, Indra juga menambahkan, pergerakan penduduk juga menjadi salah satu faktor timbulnya data pemilih ganda, karena ketika pada saat warga pindah rumah enggan mengurus kembali administrasi kependudukannya.

“Selain dari kedua faktor tersebut, tahapan pemutakhiran data itu panjang sebelum menjadi DPT, pada saat Daftar Pemilih Sementara (DPS) kami sudah umumkan, disaat DPSHP juga kami umumkan di setiap kelurahan, akan tetapi masukan dari masyarakat maupun pihak-pihak terkait pemilu itu kecil. Oleh karena itu kami mengapresiasi Parpol dan teman-teman Bawaslu atas masukannya terkait pengawasan pemutakhiran data pemilih ini. Insya Allah pemutakhiran data ini akan lebih baik lagi karena pengawasannya dilakukan secara bersama,” ungkapnya.

Indra menjelaskan apabila setelah penetapan DPT hasil perbaikan ditemukan kembali data pemilih ganda, KPU Kota Tangerang akan berkoordinasi dengan KPU RI untuk menindaklanjuti data ganda tersebut.

“Apabila instruksi dari pusat harus dihapus, maka KPU Kota Tangerang akan langsung mengeksekusinya. ya intinya kami tidak mau DPT ini menjadi persoalan di kemudian hari. Lebih baik diawal kami mencermati sama-sama supaya kedepannya tidak jadi masalah,” jelasnya.

Indra memungkaskan, dengan adanya rapat pleno DPT Pemilu hasil perbaikan, diharapkan menjadi sarana yang baik untuk KPU Kota Tangerang berbenah diri, dan juga dapat menyajikan data pemilih yang baik serta bersih, agar menjadi pemilu yang berintegritas. (ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...