Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Manfaat Berenang di Kolam Air Dingin untuk Atasi Depresi

57

JAKARTA,PenaMerdeka – Berenang di kolam air dingin dapat menjadi solusi alternatif mengatasi depresi. Hal itu diungkap langsung oleh penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal Case Reports, seperti dikutip dari laman boldsky.com.

Melansir dari Boldsky, Chris Van Tulleken dari University College, London didampingi dua ilmuwan dari University of Portsmouth mereka meneliti kasus seorang wanita yang mengalami kecemasan dan depresi.

Kemudian wanita itu membaik lantaran berenang di kolam air dingin. Wanita tersebut kemudian melanjutkan latihan renangnya hingga gejala-gejala depresi dan kecemasan semakin berkurang.

Menurut Chris Van Tulleken, dengan cara itu bisa membangkitkan respons stres sebagai bagian dari reaksi psikologis dan hormonal untuk mengatasi berbagai potensi ancaman yang datang.

Ketika berenang, ada peningkatan tekanan darah, pernafasan, dan pelepasan hormon stres. Namun, apabila berada dalam air dingin beberapa kali pada suhu 15 derajat celcius atau kurang, maka respons stres itu berkurang.

Membiarkan tubuh berenang bisa menjadi pengobatan stres yang memicu beta endorfin dan noradrenalin pada otak. Sensasi kejut yang diberikan air serupa dengan sensasi kejut elektrik dalam banyak situasi.

Impuls elektrik dalam jumlah besar bakal bergerak pada ujung syaraf pada kulit dan pada akhirnya mencapai otak.

Sensasi kejut pada sistem tubuh tersebut dinilai sangat mampu meningkatkan tingkat energi, kemurnian, dan kesadaran. Reaksi berendam di kolam air dingin ini mempunyai efek bermanfaat terhadap depresi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...