Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Rusia Mulai Kirim Sistem Pertahanan Udara S-300 ke Suriah

62

MOSKOW,PenaMerdeka – Rusia mengklaim mereka mulai mengirimkan sistem pertahanan udara S-300 ke Suriah. Moskow dilaporkan bakal mengirimkan setidaknya delapan unit tersebut ke Suriah.

“Rusia sudah mulai mengirimkannya ke Suriah,” terang Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency.

Keputusan Moskow mengirim sistem pertahanan udara S-300 terjadi setelah pesawat mata-matanya, Il-20, ditembak jatuh sistem rudal S-200 Damaskus ketika merespons serangan empat jet tempur F-16 Israel.

Sementara itu, Sergei Shoigu, Menteri Pertahanan Rusia menyatakan, senjata terbaru bagi rezim Suriah itu bakal meningkatkan kemampuan tempur pasukan pertahanan Presiden Bashar al-Assad terhadap setiap serangan musuh.

“Moskow pernah menghentikan pengiriman S-300 ke Damaskus pada tahun 2013 atas permintaan dari Israel. Tetapi, situasi di seputar pasokan itu sudah berubah bukan karena kesalahan Rusia,” cakap Shoigu.

Sementara, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dilaporkan sudah menyampaikan protes terhadap Presiden Rusia, Vladimir Putin terkait dengan pengiriman tersebut.

Dalam sebuah pembicaraan melalui sambungan telepon, Netanyahu menyatakan kepada Putin bahwa pengiriman sistem pertahanan udara S-300 ke Suriah adalah tindakan yang tak bertanggung jawab dan hanya akan memperburuk situasi di kawasan. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...