Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Polres Serang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

41

SERANG,PenaMerdeka – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Serang menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan hijau Mapolres Serang Kabupaten Serang, Banten.

Pada acara itu dipimpin langsung oleh Agung Cahyono, S.I.K, Wakapolres dan dihadiri oleh pejabat utama Para Kapolsek jajaran dan Personil Polres Serang.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang mengusung tema ‘Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa’ itu Kapolsek Cikeusal AKP Nengkulo Pujo, selaku perwira upacara.

Wakapolres Serang mengatakan, momen ini harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan pemaknaan nilai Pancasila, khususnya bagi generasi muda.

“Generasi baru tak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa, tanpa mengenali sejarah kehidupannya. Pada 1 Oktober, rakyat Indonesia memperingati hari dimana digelar di berbagai instansi pemerintah,” terang Agung, Senin (1/10/2018).

Menurut Agung, untuk skala nasional upacara tersebut diadakan di lokasi tempat terjadinya sejarah tersebut yaitu di Lubang Buaya. Kesaktian Pancasila merupakan, hari dimana Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI menyebabkan berjatuhnya korban dari kalangan militer. Tokoh- tokoh tersebut ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia pada tanggal 5 Oktober 1965 lampau,” paparnya.

Seperti diketahui, pahlawan itu diantaranya Brigadir Polisi Karel Susult Tubun, Letnan Jenderal A. Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen S Parman, Letnan Satu Pire Andreas Tendean. Selain itu, Brigjen D.I. Panjaitan, Brigjen Sutoyo, dan Mayjen Haryono.

“Saat terungkap kasus penculikan yang dilakukan oleh PKI itu maka secara cepat dan sigap pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberantas pelaku penculikan dan otak dari peristiwa kriminal tersebut,” tuturnya.

Pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila itu ditutup dengan pemutaran lagu-lagu Nasional dan diperdengarkan oleh seluruh peserta. (Abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...