Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Rusia Bakal Uji Coba Rudal saat NATO Latihan Perang Terbesar

0 560

OSLO,PenaMerdeka – Angkatan Laut Rusia bakal uji coba (rudal) peluru di perairan internasional di lepas pantai Norwegia pekan ini. Rencana itu muncul saat NATO tengah menggelar latihan perang terbesar sejak akhir Perang Dingin.

Pejabat Norwegia dan NATO mengakui dapat pemberitahun dari rencana Moskow itu. Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO mengatakan pemberitahun dari Moskow dia terima pada pekan lalu.

Namun, Stoltenberg tak merinci tanggal uji coba rudal misil Mokosw di lepas pantai Norwegia tersebut.

“Rusia memiliki kehadiran yang cukup besar di utara, juga di luar Norwegia,” kata Stoltenberg kepada kantor berita Norwegia, NTB, yang dilansir Selasa (30/10/2018).

“Pasukan besar (Rusia) ambil bagian dalam manuver dan mereka berlatih secara teratur,” ujarnya.

Militer Rusia belum bersedia memberikan komentar tentang uji coba rudal yang direncanakan di saat ketegangan Mokosw dan NATO sedang memanas.

Ketegangan dimulai sejak Rusia menganeksasi Crimea setelah melepaskan diri dari Ukraina pada 2014. Bergabungnya Crimea ke Rusia itu tak pernah diakui Ukraina dan negara-negara NATO, terutama Amerika Serikat.

“Tidak ada yang se-dramatis tentang ini. Kami telah mencatat dan akan mengikuti manuver Rusia,” kata Menteri Pertahanan Norwegia Frank Bakke-Jensen.

Sedangkan, latihan perang terbesar NATO dinamai “Trident Juncture 2018” sudah dimulai sejak 25 Oktober lalu. Manuver akbar aliansi militer dipimpin Amerika Serikat itu akan berlangsung hingga 7 November mendatang.

Menuver “Trident Juncture 2018” melibatkan sebanyak 50.000 tentara, 10.000 kendaraan, dan lebih dari 300 pesawat dan kapal dari 29 negara NATO dan ditambah dari Finlandia dan Swedia. Terlebih, Rusia bakal uji coba rudal itu. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...