Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemprov Banten Dinobatkan Sebagai Badan Publik Cukup Informatif

0 316

BANTEN,PenaMerdeka – Dalam kurun waktu periode pertama, Pemprov Banten dibawah kepemimpinan Gubernur Wahidin Halim (WH) dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy langsung mendapat penghargaan Badan Publik Cukup Informatif dari Komisi Informasi (KI) Pusat.

Penganugarahan dilangsungkan di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Senin, (5/11/2018). Sejumlah kategori penghargaan diberikan kepada sejumlah badan publik yang langsung disampaikan oleh Wapres Jusuf Kalla (JK).

Kategori anugerah untuk keterbukaan informasi adalah bagi badan publik informatif, badan publik cukup informatif, menuju informatif, kurang informatif, dan tidak informatif.

Wapres JK dalam sambutannya menyebut setiap badan publik harus terbuka dan informatif. Saat ini kata JK, dalam era informasi setiap masyarakat berhak mendapatkan informasi.

“Pada masa lalu, informasi kecelakaan pesawat terbang, merupakan informasi yang tabu untuk disebarluaskan. Tetapi sekarang setiap informasi menyangkut kecelakaan Lion Air JT610 harus diinformasikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Ketua KI Pusat Gede Narayana mengatakan partisipasi badan publik terhadap keterbukaan informasi meningkat, ditandai dengan banyaknya pengembalian kuesioner sebesar 62,83 persen kepada KI.

Dalam laporannya, Gede Narayana memaparkan terdapat 460 Badan Publik di Indonesia. Sebanyak 289 badan publik mengembalikan kuesionernya kepada Komisi Informasi Pusat.

Gede Narayana melanjutkan bahwa monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik informatif, badan publik cukup informatif, menuju informatif, kurang informatif dan tidak informatif pada tahun 2018 dilakukan kepada tujuh jenis badan publik.

“Yakni Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lembaga non-struktural, lembaga negara dan lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah provinsi, kementerian serta partai politik,” ucap Gede. (abdul).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...