Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

ARDEX 18 Cilegon Banten Antisipasi Dampak Bencana Alam ke Industri

0 19

BANTEN,PenaMerdeka – Provinsi Banten mendapat kehormatan sebagai tuan rumah ASEAN Regional Disaster Emergency Respone Simulation Exercise (ARDEX 18), di Kawasan Industri Krakatau, Kota Cilegon, Kamis (8/11/2018).

Ditunjuknya Provinsi Banten sebelumnya dinilai karena sektor industrinya sangat berkembang pesat. Disebutkan juga simulasi dilakukan untuk mengantisipasi ancaman gempa bumi dan tsunami yang berdampak terhadap bencana industri.

Komari, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten mengatakan, ditunjuknya Banten sebagai lokasi ARDEX 18 tahun 2018 karena kesiapan untuk menerima teknologi-teknologi baru dalam penanggulangan bencana.

“Semakin hari dampak dari bencana alam semakin beragam, bahkan dampak yang sebelumnya tidak kita bayangkan,” ucap Komari Kamis (8/11/2018).

Kedepannya kata dia Banten bisa menjadi contoh daerah- lain untuk kesiapan menerima teknologi-teknologi yang semakin berkembang, khususnya dalam upaya antisipasi dampak bencana.

Direktur Eksekutif ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Center), Adelina Kamal, menjelaskan bahwa ARDEX 18 merupakan latihan bersama (gladi) penanggulangan bencana.

Program ini menurutnya rutin dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali. Pasalnya sangat penting meningkatkan kemampuan dan kerjasama negara-negara ASEAN dalam penanggulangan bencana.

Adelina Kamal menuturkan, ARDEX-18 bekerjasama dengan Pemkot Cilegon, Pemprov Banten, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) se-Provinsi Banten, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta utusan negara-negara di kawasan ASEAN. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...