Tiga Astronot Rusia Kini Berhasil Mendarat di Stasiun Luar Angkasa

0 330

MOSKOW,PenaMerdeka – Roket Soyuz Rusia yang membawa tiga astronot kini berhasil mendaratkan tiga astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Ini adalah peluncuran pertama yang berhasil setelah pada 11 Oktober lalu mengalami kegagalan, dimana kendaraan luar angkasa meledak di udara.

Tiga astronaut itu bernama David Saint-Jacques (48)asal Kanada, Oleg Kononenko (54) asal Rusia dan Anne McClain (39) asal Amerika Serikat (AS).

Ketiga astronaut berangkat dari Kazakhstan pukul 17.30 waktu setempat. Badan antariksa Rusia, Roscomos, melalui Twitter mengonfirmasi mereka berhasil melakukan docking di ISS.

Pada Oktober lalu, misi serupa telah mengalami kegagalan. Dua astronaut melakukan pendaratan darurat hanya beberapa menit usai take-off atau sebelum roket meledak di udara.

Melansir dari BBC, Selasa (4/12/2018), Penyidik ​​pada saat itu menyalahkan kepada sensor rusak yang mereka klaim sudah rusak selama perakitan di situs Kazakhstan.

“Risiko bagian dari profesi kami. Kami secara psikologis dan teknis siap diluncurkan dan setiap situasi, yang dilarang Tuhan, dapat terjadi di pesawat,” terang Oleg, Selasa (4/12/2018).

Misi awak tiga astronaut semula dijadwalkan akhir bulan ini, tetapi pejabat terkait memajukannya untuk menghindari ISS ditinggalkan tanpa awak ketika awak yang sekarang kembali ke Bumi. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...