Tahun Depan, Korut Diprediksi Bakal Melipatgandakan Gudang Senjata Nuklir

0 286

SEOUL,PenaMerdeka – Seorang peneliti dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) memprediksikan Korea Utara (Korut) dapat melipatgandakan gudang senjata nuklir pada tahun depan.

Smith juga memprediksi Pyongyang akan memiliki antara 30 hingga 40 hulu ledak nuklir yang digunakan pada tahun 2020. Demikian laporan surat kabar Korea Selatan (Korsel), Chosun Ilbo, mengutip pernyataannya di kediaman Duta Besar Swedia di Seoul.

Laporan SIPRI sebelumnya mengindikasikan Korut memiliki 20 hingga 30 hulu ledak di gudang senjatanya, naik dari 10-20 pada 2018.

Oleh karena itu, perkiraan Smith menunjukkan Pyongyang tidak berhenti mengembangkan senjata nuklir di tengah pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat (AS).

“Namun, sejujurnya, ada banyak ketidakpastian perkiraan dari kami mengenai kemampuan nuklir Korea Utara. Itu terutama karena Korea Utara tak terbuka tentang kemampuannya,” ujar pakar SIPRI Shannon Kile, salah satu pakar terkemuka dunia pada program nuklir Korut,

Seperti melansir dari Sputnik, Smith mengatakan, Washington dan Pyongyang pertama-tama perlu menyetujui cara mendefinisikan persyaratan tersebut.

“Definisi denuklirisasi merupakan hal besar yang harus diselesaikan lantaran tidak hanya masalah teknis tetapi juga masalah yang sangat politis,” imbuhnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE