FTBM Kota Tangerang Bidik 1004 Pembangunan TBM, Jazuli : Solusi Gerakan Literasi

0 277

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Tangerang resmi memiliki pengurus baru. Prosesi pelantikan pengurus dilakukan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Meita Bachraini, mewakili Walikota Tangerang. Sejumlah program gerakan budaya literasi sudah disodorkan. 

Ketua FTBM terpilih Saiful Arfan, mengatakan, kepengurusan ke depan akan mengusung misi pengembangan budaya membaca sebagai salah satu gerakan literasi yang saat ini masih menjadi trending topic di Indonesia.

“Kami sadar, bahwa minat baca masyarakat saat ini sangat rendah oleh karena budaya membaca harus terus digelorakan. Pemimpin yang baik adalah yang membaca, mahasiswa dan pelajar yang baik adalah yang membaca, guru yang baik adalah yang membaca. Marilah membaca” ajak Saiful, Rabu (12/12/2018).

A Jazuli Abdillah yang ditapuk sebagai Ketua Dewan Penasehat FKTM Kota Tangerang dalam sambutannya juga menyebut bahwa hal ini menjadi momentum baru kebangkitan budaya literasi di Kota Tangerang.

Menurut pria yang juga Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Kota Tangerang, istilah kota cerdas selaras dengan membaca.

“Ini harus jadi momentum baru gerakan literasi, di era teknologi digital yang tak lepas dari smartphone, gadget, dan handphone, hadirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah solusi. Tapi harus berorientasi substantif bukan hanya simbolis dan formalistik. Anak-anak muda yang tergabung dalam FTBM ini adalah generasi yang tercerahkan.

Selain itu kata dia menegaskan, dalam FTBM nantinya akan memiliki idealisme dan semangat pengabdian yang tinggi.

Oleh karenanya pemerintah dan para pihak harus bekerjasama agar ide kreatif ini tersalurkan secara produktif.

Ini adalah ibadah sosial yang mencerdaskan. Ketimbang kita mencaci maki kegelapan akan kondisi bangsa ini, lebih baik kita menyalakan lilin dalam kegelapan.

“Nah, hari ini melalui TBM kita mulai menyalakan lilin-lilin itu,” ujar Staf Ahli Gubernur Banten ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Meita Bachraini, saat membuka acara menyampaikan bahwa hadirnya FTBM ini menjadi mitra strategis bagi pihaknya.

“Kami minta FTBM bekerjasama sinergis, terlebih pemkot Tangerang dalam 3 tahun ini punya target membentuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di 1004 RW se-Kota Tangerang,” katanya menjelaskan.

Acara yang digelar di aula DPAD ini dihadiri oleh berbagai undangan diantaranya Pengurus FTBM Provinsi Banten, Dewan Pendidikan, ICMI, LPM, Kampus UNIS, OKP dan perwakilan organisasi lainnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...