Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Musisi Asal Afsel Ini Jalani Operasi Tumor Otak Sambil Main Gitar

0 182

DURBAN,PenaMerdeka – Musa Manzini seroang musisi asal (Afsel) Afrika Selatan memainkan gitar dan memainkan sejumlah nada di tengah proses operasi pengangkatan tumor otak.

Sementara tim dokter tetap bekerja keras untuk mengangkat tumor yang bersarang di otak pasien. Musa sedang menjalani operasi pengangkatan otak pada bulan ini di Rumah Sakit Pusat Inkosi Albert Luthuli Durban, Afrika Selatan.

Melansir dari The Associated Press, untuk mengangkat tumor pada otak Manzini, tim dokter akhirnya memutuskan melakukan prosedur bius lokal yang disebut awake craniotomy.

Dr Rohen Harrichandparsad, ahli bedah syaraf mengatakan, dengan sadar dan memainkan gitar, Manzini sudah membantu membimbing tim dokter untuk tidak melukai jalur saraf pasien selama proses operasi.

“Cara seperti ini meningkatkan margin keamanan bagi kami juga. Bagaimana pun karena kami akan mendapat umpan balik secara langsung tentang apa yang kami lakukan di tengah proses operasi,” kata Harrichandparsad.

Prosedur awake craniotomy ini bukan hal yang tidak biasa. Pada sebelumnya juga telah ada sejumlah kasus yang dilakukan, dimana pasien dibiarkan tetap sadar saat operasi pembedahan otak berlangsung dan diminta untuk beraktivitas.

Dalam operasi kraniotomi sadar ini, dokter bakal merangsang bagian otak dengan arus listrik ringan sebagai cara menguji dan memetakan area saraf otak yang mengontrol fungsi-fungsi utama seperti gerakan dan berbicara.

Apabila pasien mendadak kesulitan berbicara saat arus listrik diberikan ke area tertentu, maka dokter tahu bahwa mereka harus melindungi area tersebut selama proses operasi.

Operasi dengan prosedur serupa sempat dilakukan pada 2015 lalu, dengan seorang musisi diminta memainkan saksofonnya selama proses operasi yang dilakukan di Spanyol. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...