Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Jepang Bakal Hidupkan Kembali Perburuan Paus Secara Komersial

0 1.344

TOKYO,PenaMerdeka – Jepang bakal menghidupkan kembali perburuan paus secara komersial pada Juli mendatang di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Mereka mengancam akan menarik diri dari International Whaling Commission (IWC).

Australia dan Selandia Baru menyambut baik keputusan penghentian perburuan hewan itu di Antartika. Namun, mereka kecewa lantaran Jepang akan membunuh lebih banyak binatang mamalia laut itu jika perburuan dilakukan di perairan mereka.

Keputusan itu, menurut beberapa pakar, menjadikan Jepang dalat menghemat uang karena biaya perburuan paus ke Antartika memakan biaya yang besar. Namun, perburuan komersial dinilai tak terlalu ekonomis lantaran semakin banyak orang yang mau makan ikan paus.

“Dari Juli 2019 mendatang, setelah penarikan diri dari (IWC) efektif pada 30 Juni, Jepang bakal melaksanakan perburuan paus secara komersial di teritorial Jepang dan zona ekonomi eksklusif,” terang Yoshihide Suga, Kepala Sekretaris Kabinet.

Reuters membetitakan, Yoshihide menjamin perburuan hewan mamalia tersebut bakal dilaksanakan sesuai dengan hukum internasional.

“Penangkapan dikalkulasikan sesuai dengan metode yang diadopsi sesuai dengan IWC untuk menghindari dampak negatif,” tegas Suga.

Jepang menganggap paus yang selama ini dikonsumsi tak dalam kondisi kepunahan di dunia. Mengonsumsi ikan paus juga merupakan bagian dari budaya khas orang Jepang. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...