Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Tersangka Kasus Pembunuhan ‘Wartawan Pengkritik Kerajaan Saudi’ Dituntut Mati

0 211

RIYADH,PenaMerdeka – Pengadilan di Arab Saudi untuk pertama kali memanggil 11 tersangka kasus pembunuhan wartawan ‘tukang kritik kerajaan’ yakni Jamal Khashoggi. Dari 11 tersangka lima diantaran dituntut hukuman mati.

Media Pemerintah Arab Saudi, SPA pada Jum’at (4/1/2019) memberitakan, sidang itu pertama kali digelar di Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi. Jaksa penuntut menegaskan, para tersangka menghadiri persidangan dengan pengacara mereka.

Jaksa juga menyatakan, bahwa permintaan kepada Pemerintah Turki berupa barang bukti yang sudah dikumpulkan aparat berwenang Ankara untuk membawanya.

Buntut dari kasus pembunuhan wartawan itu sudah mengusik reputasi internasional Kerajaan Arab Saudi, di mana banyak negara terutama negara-negara Barat sangat mengecam pembunuhan tersebut.

Khashoggi hilang 2 Oktober 2018 lalu setelah mengunjungi Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Pihak berwenang Turki kemudian mengungkap bahwa dia dibunuh di dalam konsulat oleh pasukan pembunuh Saudi.

Ankara menuntut agar tersangka diserahkan untuk diadili di Turki lantaran lokasi pembunuhan berada di Istanbul, tetapi Arab Saudi menolak permintaan itu.

Media Turki juga telah menerbitkan foto-foto anggota rombongan Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Konsulat Saudi di Istanbul sebelum pembunuhan itu terjadi. Jenazah Khashoggi, yang diyakini dimutilasi, hingga saat ini belum ditemukan.

Namun, Pemerintah Saudi menegaskan Putra Mahkota Mohammed bin Salman tidak mengetahui operasi pembunuhan wartawan pengkritik kerajaan itu. Menurut pemerintah, pembunuhan tersebut adalah hasil “operasi nakal” yang melibatkan oknum pejabat intelijen.

Pemerintah Saudi juga telah mengutuk pembunuhan Khashoggi dan berjanji menegakkan keadilan, termasuk menghukum para tersangka dengan hukuman yang setimpal. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...