Polisi: Dewan Pers Segera Umumkan Rekomendasi Temuan Tabloid Indonesia Barokah

0 314

JAKARTA,PenaMerdeka – Tabloid Indonesia Barokah yang sempat beredar di Banten dan sejumlah daerah di Indonesia terindikasi bukan sebagai produk pers. Dan nantinya Dewan Pers bakal mengumumkan rekomendasi temuan pengkajian tabloid. 

“Pekan depan Dewan Pers akan sampaikan temuan dan rekomendasinya. Jadi Polri menunggu rekomendasi dari Dewan Pers,” kata Brigjen Dedi Prasetyo, Karo Penmas Polri, Minggu (27/1/2019).

Menurutnya, alamat redaksi yang tercantum dalam tabloid Indonesia Barokah palsu dan nama pemimpin redaksinya tak ada dalam daftar wartawan yang lulus UKW (uji kompetensi wartawan).

Kemudian kata Dedi, perihal isi konten dalam tabloid juga sedang dalam tahap kajian. Namun demikian selain wartawan yang tergabung tidak mengantongi UKW, alamat yang palsu, yang sudah bisa dipastikan adalah tabloid Indonesia Barokah tidak memiliki badan hukum.

Ketua Komisi Penelitian Pendataan dan Ratifikasi Perusahaan Pers Dewan Pers Ratna Komala mengatakan, dari investigasi pertama yang dilakukan, terkait dengan tulisan yang disajikan tabloid Indonesia Barokah itu tidak melalui proses peliputan.

Artinya, mereka hanya mengambil dari media massa yang sudah beredar, lalu membuat kesimpulan dari berita tersebut. Tabloid tersebut juga dinilai memiliki opini yang menghakimi.

Tabloid bertajuk Indonesia Barokah, dengan framing berita yang disebut sengaja menyudutkan salah satu pasangan calon presiden.

Dan peredarannya selain sempat ditemukan di Banten, juga diberitakan sudah tersebar di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Tabloid tersebut dikirim ke masjid-masjid dan Pondok Pesantren dikemas amplop cokelat melalui jasa pengiriman kantor Pos Indonesia.

Meskipun sudah sempat beredar di sejumlah wilayah di Provinsi Banten, pihak Bawaslu sementara ini menyetop peredaran tabloid yang masih berada di  kantor pos di kota dan kabupaten masing-masing wilayah hingga keputusan rekomendasi Dewan Pers keluar. (ari/dbs)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...