Cerita Pasien Program JKN-KIS lawan Penyakit Tuberkulosis Tulang

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Pirda (16), salah satu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), tidak bisa melewati masa remajanya. Pasalnya, Tuberculosis tulang menggerogoti tubuh gadis ini.

“Awalnya Pirda masuk SMA, saat itu tipus dan anemia menderita. Tapi, kondisinya tak ada perubahan, tidak sembuh-sembuh,” tutur Napsiah, ibu dari Pirda, Jum’at (10/05/2019).

Semakin lama, badan Pirda kurus dan sulit digerakkan. Merasa kondisi putrinya tidak kunjung membaik, Napsiah membawa putrinya berobat ke RSUD Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Sebelumnya sempat bisa jalan, saya terapi di rumah. Lama-kelamaan lemas dia, badannya makin habis. Kalau ditotal ya Pirda sudah sakit sekitar 8 bulan sampai ini,” curhatnya.

Napsiah yang hanya seorang ibu rumah tangga merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan.

Dalam kondisi anak yang sakit dan suami yang sedang tak bekerja, Napsiah tidak khawatir dengan biaya pengobatan putrinya. Napisah pun mengaku terbantu dengan Program JKN-KIS.

“Alhamdulillah terbantu dengan Program JKN-KIS ini. Jadi saya tak perlu memikirkan biaya pengobatan. Pirda butuh pengobatan jangka panjang, entah bagaimana jika saya tidak pakai JKN-KIS,” tambahnya.

Saat ini, penderita tuberculosis (TB) tidak perlu khawatir dengan pengobatan yang rutin dan tidak bisanya terputus, karena Program JKN-KIS menjaminnya. (redaksi).

Disarankan
Click To Comments