Pertikaian Diplomatik, Filipina Kirim 69 Kontainer Sampah ke Kanada

MANILA,PenaMerdeka – Filipina mengirim berton-ton sampah ke Kanada setelah kedua negara tersebut terlibat pertikaian diplomatik. Sampah-sampah tersebut juga dikirim ke Filipina pada tahun lalu.

Sebanyak 69 kontainer yang berisi sampah dimuat ke kapal kargo di Subic Bay, bekas pangkalan angkatan laut Amerika Serikat (AS) dan pelabuhan pengiriman di barat laut Manila serta memulai perjalanan panjang ke Kanada.

“Baaaaaaaaa bye, seperti yang biasa kita katakan itu,” ucap Menteri Luar Negeri Filipina, Teodoro Locsin dalam akun Twitternya seperti melansir dari AFP, Jumat (31/5/2019).

Sementara itu, Catherine McKenna, Menteri Lingkungan Hidup Kanada menyambut baik berita tentang adanya sampah yang dikembalikan.

“Kami berkomitmen dengan Filipina dan kami akan bekerja sama dengan mereka,” terang Catherine.

Diketahui, perselisihan Filipina-Kanada dipicu saat lusinan kontainer yang dikirim perusahaan Amerika Utara tersebut ke negara Asia Tenggara pada 2013 dan 2014 namun secara keliru dilabeli sebagai barang daur ulang.

Masalah ini pun telah mencemari hubungan Manila-Ottawa selama hitungan bertahun-tahun. Akan tetapi meledak ketika Duterte mengatakan dalam pidato April:

Sejak itu lah Kanada berjanji mengambil kembali limbah itu, tetapi usai gagal memenuhi tenggat waktu sampai 15 Mei yang diberlakukan Manila, Filipina menarik kembali utusannya dari Ottawa. (uki)

Disarankan
Click To Comments