Peneliti: Bom Nuklir Kim Jong-un 16 Kali Lebih Kuat Ketimbang Bom Hiroshima

0 349

WASHINGTON,PenaMerdeka – Sebuah penelitian terbaru dari “Journal of Geophysical Research: Solid Earth” Menyebutkan bom nuklir Rezim Korea Utara (Korut) Kim Jong-un 16 kali lebih kuat ketimbang bom yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) di Hiroshima dalam Perang Dunia II.

Penelitian terbaru menyatakan uji coba senjata nuklir keenam rezim Kim Jong-un memiliki kekuatan 250 kiloton TNT. Tes senjata pada 2017 menunjukkan peningkatan yang sangat besar dibandingkan tes dari 2006 hingga 2016.

Sebagai perbandingannya, bom yang dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada Perang Dunia II berkekuatan 15 sampai 20 kiloton TNT.

Melansir dari express.co.uk, Co-author penelitian, Thorne Lay mengatakan dari 2006 hingga dengan 2016 Korea Utara terus menggenjot guna meningkatkan ukuran, dari sekitar 1 kiloton hingga sekitar 20 kiloton.

“Peristiwa sangat awal tampak seperti tidak bekerja dengan baik, oleh karena itu luar biasa kecil. Kemudian dalam satu tahun melonjak hingga 250-ish kiloton. Yang menakutkan adalah perangkat yang sangat besar,” kata Lay, Kamis (6/6/2019).

Tes pada senjata itu memicu gempa berkekuatan 6,3 di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri. Potensi kekuatan senjata nuklir Korea Utara dramatis melonjak dari 20 kiloton menjadi 250 kiloton. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...