Kota Bekasi Akui Butuh Banyak Dokter Hewan Jelang Idul Adha

0 149

BEKASI,PenaMerdeka – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kota Bekasi mengakui membutuhkan banyak dokter hewan untuk memeriksa hewan kurban. Setiap tahunnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyatakan masih kekurangan dokter hewan.

Sebab, menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pertenakan Kota Bekasi, Momon Sulaeman dalam setahun hanya bertambah dua atau tiga dokter hewan yang jadi pegawai pemerintahan daerah tersebut.

”Idealnya Pemkot Bekasi memiliki 15 dokter hewan yang bertugas memeriksa hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha nanti,” tutur Momon, Minggu (28/7/2019).

Momon menjelaskan, pada 2018 kemarin jumlah dokter hewan hanya bertambah tiga orang saja. Sedangkan, untuk 2019 ini bertambah dua orang dokter yang berasal dari pegawai kontrak.

“Untuk menutupi kekurangan dokter kami bekerja sama dengan universitas salah satunya yakni Institut Pertanian Bogor (IPB). Karena kerja sama pemeriksaan hewan sudah dilakukan rutin setiap tahun dengan IPB,” ungkapnya.

Kata Momon, nantinya dokter hewan bantuan tersebut bakal meringankan tugas Pemkot Bekasi dalam mengawasi dan mengantisipasi hewan kurban yang tidak layak atau sakit.

Pada 2018, pemerintah mengerahkan 134 petugas yang tergabung dinasnya untuk mengawasi 1.399 titik tempat pemotongan hewan kurban. Momon memproyeksi, jumlah titik potong hewan tak jauh berbeda dengan tahun lalu.

“Kalau jenis penyakit yang kerap menyerang hewan kurban yakni kudis dan cacing hati. Untuk itu, pemantauan hewan kurban dilakukan mulai sekarang dan rutin digelar,” imbuhnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...