Jelang Idul Adha, Pemkot Tangsel Cek Kesehatan Hewan Kurban

0 139

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel mengecek kesehatan hewan kurban di Rawa Mekar Jaya, Jalan Ciater Raya, Serpong, Kota Tangsel, Senin (29/7/2019).

Pemeriksaan kali ini Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) turun langsung mengecek Hewan Kurban Super Murah, Sapi Bima.

Bahkan, secara langsung Wakil Walikota Tangsel yang kerap disapa Bang Ben ini memberikan sertifikasi sehat yang diterbitkan oleh petugas kesehatan hewan.

Dengan sertifikasi hewan sehat, Bang Ben berharap adanya peningkatan penjualan hewan kurban dan juga pemotongan hewan kurban di Kota Tangsel dibandingkan dengan tahun lalu.

“Tahun lalu jumlah hewan kurban itu ada 23.997 ekor, dengan jumlah pedagang 360. Tahun lalu juga jumlah pemotongan hewan kurban 14.458 hewan. Tentunya,kita berharap ada peningkatan baik yang dijual atau di potong,” jelas Bang Ben.

Bang Ben mengatakan, Pemkot Tangsel juga telah memberikan sosialisasi mengenai pemotongan hewan kurban kepada 100 perwakilan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) se-Kota Tangsel.

“Mereka diberikan tata cara pemotongan hewan kurban secara halal dan diberikan pengetahuan m pisaunya seperti apa, cara menjatuhkan hewan kurban, memegangnya, memotong, doanya dan kesehatannya,” katanya.

Dengan adanya sosialisasi itu menurut Bang Ben, Pemkot Tangsel ingin hewan kurban di Kota Tangsel sehat, kemudian dagingnya layak dan dapat menjamin keamanan masyarakat.

Tidak hanya itu, terdapat sebanyak 54 kader petugas kesehatan hewan yang disebar di 54 kelurahan yang ada di Kota Tangsel. Petugas bakal mendata kesehatan hewan kurban.

“Yang dilatih 54 kader dari 54 kelurahan oleh dokter hewan termasuk juga dokter hewan dari swasta untuk mengawasi kesehatan hewan kurban,” imbuhnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...