PAN-PPP Satu Fraksi di DPRD Kota Tangerang, Ini Kesepakatan Bagi-bagi Jatah Pimpinannya

0 331

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bergabung menjadi satu fraksi di DPRD Kota Tangerang.

Menurut Ella Silvia, Sekretaris DPD PAN Kota Tangerang, pihaknya setelah melakukan komunikasi dengan PPP sepakat membentuk satu fraksi gabungan.

“Sudah-sudah dibentuk, setelah berkomunikasi dengan kawan-kawan juga sudah disepakati kami bergabung (fraksi, red) dengan PPP di DPRD Kota Tangerang,” kata Ella Silvia dihubungi penamerdeka.com, Rabu (3/9/2019).

Dan salah satu kesepakatan yang ditandatangani adalah pembagian periodesasi masa pimpinan fraksi.

PAN Kota Tangerang dan PPP memang sama-sama mengantongi 3 kursi hasil Pemilu 2019 lalu. Sementara untuk membentuk satu fraksi sedikitnya harus memiliki empat kursi.

“2,5 tahun pertama akan dipegang oleh PAN. Dari hasil kesepakatan, periodik yang pertama memimpin fraksi dari PAN. Ketuanya anggota DPRD dari PAN, Dedi Hasbullah, dia dari Dapil 1 Kota Tangerang,” pungkas anggota DPRD Provinsi Banten ini.

Mustopa Sekretaris DPC PPP Kota Tangerang soal alasan partainya bergabung dalam satu fraksi menyebutkan, antara PAN dan PPP mempunyai arah politik yang sama.

“Kita sama-sama mempunyai 3 kursi kalau digabung jadi 6 kursi. Kebetulan lantaran PAN memperoleh suara lebih banyak ketimbang PPP saat Pileg lalu, jadi kesepakatannya Dedi Hasbullah menjadi Ketua Fraksi yang pertama. Setelah itu baru dari PPP,” ucap Mustopa.

Untuk posisi 2,5 tahun pertama dari lima tahun jabatan DPRD, di posisi Wakil Ketua Fraksi juga tetap diisi dari PAN. Lantas jabatan Sekretaris dari PPP.

Mustopa mengaku surat perjanjian perihal fraksi gabungan sudah ditandatangani antara ke dua belah pihak.

“Kesepakatan juga diantaranya terkait nama fraksi, yakni Fraksi PAN dan PPP. Nama PAN memang disebut lebih dahulu. Itu juga bagian dari kesepakatan kami,” tukas Mustopa. (rd/mam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...