Latihan Pertahanan, AS Bakal Kirim 20 Ribu Tentara ke Eropa

0 275

WASHINGTON,PenaMerdeka – Amerika Serikat (AS) akan mengirim 20.000 tentara ke Eropa dalam berpartisipasi dalam latihan Pertahanan Eropa-20. Langkah ini menandai penyebaran signifikan personel militer AS ke benua itu dalam 25 tahun terakhir.

“Sekitar 37.000 sekutu AS dan anggota negara mitra layanan diharapkan berpartisipasi dengan sekitar 20.000 tentara yang dikerahkan dari AS,” tutur Komando Eropa AS (EUCOM) dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataan Komando Eropa AS, EUCOM menambahkan, militer AS bakal mengirim markas divisi serta tiga brigade tank.

Pengiriman unit-unit militer ini bagian dari keikutsertaan dengan latihan perang gabungan Defender Europe-20. Latihan perang akan berlangsung di 10 negara yang berbeda, dengan lokasi utama di Jerman dan Polandia.

“Latihan militer skala besar dan kegiatan terkait nanti menelan biaya sekitar USD 340 juta,” lanjut pernyataan EUCOM.

Latihan perang bersama multinasional akan berlangsung pada bulan April hingga Mei 2020, dengan perpindahan personel dan peralatan dimulai pada bulan Februari.

Menurut Mayor Jenderal Jeffrey Kramer, yang bertanggung jawab atas latihan EUCOM, Defender Europe-20 menunjukkan tekad kepada semua musuh di tingkat strategis.

Kramer menambahkan, latihan perang ini akan menjadi “hal terbesar sejak Reforger”. Hal tersebut merujuk pada latihan militer skala besar yang diadakan selama era Perang Dingin. NATO secara rutin juga mengadakan latihan internasional utama di Eropa, khususnya, di pinggiran Eropa paling timur dekat Rusia. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE