Kemlu Bangladesh: Pengungsi Rohingya Mulai Kembali Dua Bulan Lagi

Pengungsi Rohingya Mulai Kembali Dua Bulan Lagi

YANGON,PenaMerdeka – Bangladesh dan Myanmar sudah menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk memulangkan kembali ratusan ribu pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh.

Para pindahan tersebut melarikan diri dari kekejaman militer Myanmar di negara bagian Rakhine. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Bangladesh menegaskan, bahwa para pengungsi bisa kembali ke Myanmar dalam dua bulan mendatang.

Kedua belah pihak sedang membuat rincian isi kesepakatan yang ditandatangani di ibu kota Myanmar, Naypyidaw. Beberapa badan bantuan khawatir dengan pemulangan paksa suku itu meski keamanan mereka tidak bisa dijamin. Suku tersebut merupakan minoritas tanpa kewarganegaraan yang sejaklama mengalami kekerasan di Myanmar atau Burma.

“Kami akan siap membawa mereka kembali sesegera mungkin sesudah Bangladesh mengirim dokumen itu kembali pada kami,” ujar Myint Kyaing, sekretaris tetap Kementerian Buruh, Imigrasi, dan Populasi Myanmar, yang dilansir dari kantor berita Reuters.

Dokumen tersebut adalah isian formulir pendaftaran yang harus dilengkapi dengan informasi rinci pribadi suku tersebut sebelum repatriasi akan dilakukan pada dua bulan mendatang. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah