HGN ads Bekasi

Rusia Didesak Percepat Pengiriman rudal S-400

0 171

MOSKOW,PenaMerdeka – Pemerintah India mendesak Rusia mempercepat pengiriman sistem pertahanan rudal S-400 yang dibeli New Delhi. Desakan ini muncul menjelang pertemuan menteri pertahanan kedua negara bersama lebih dari 50 pengusaha di Moskow.

Pertemuan antara Menteri Pertahanan India Rajnath Singh membawa delegasi puluhan penguasaha bersama Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Sergei Shoigu membahas bidang kerja sama militer dan militer-teknis bilateral.

Melansir dari Times of India, forum itu pertemuan Komisi Antar-Pemerintah India-Rusia ke-19 dan menjelang forum itulah desakan agar Moskow mempercepat pengiriman sistem rudal surface-to-air (darat-ke-udara) Triumf S-400 muncul.

Skuadron S-400 pada awalnya dijadwalkan dikirim mulai Oktober 2020 hingga April 2023. Tetapi, beberapa sumber yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan kepada media India tersebut bahwa angsuran pertama 15 persen telah tertunda beberapa bulan karena masalah pembayaran.

Meskipun Moskow telah berkomitmen untuk mematuhi jadwal pengiriman yang telah disepakati sebelumnya, masalah ini akan menjadi agenda utama selama pertemuan hari Rabu.

Sumber-sumber itu juga menyatakan bahwa kesepakatan senilai USD5,43 miliar yang diteken pada Oktober 2018 itu terkait dengan pengiriman lima skuadron S-400.

S-400 Triumf adalah sistem pertahanan rudal darat-ke-udara yang dapat mendeteksi, melacak, dan menghancurkan jet tempur, pesawat pembom strategis, rudal, dan drone pada jarak 380 kilometer.

Menteri Pertahanan India, Shri Rajnath Singh, dijadwalkan akan mengunjungi fasilitas produksi S-400 di kota Rusia Saint Petersburg pada hari Kamis (7/11/2019).

India dan Rusia telah menyusun mekanisme pembayaran untuk sistem rudal tersebut guna menghindari sanksi Amerika Serikat (AS) yang tidak berpihak pada New Delhi. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE