Pemkab Bekasi Sambut Positif Pembanguan Ability Hub

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyambut positif upaya yang dilakukan Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) lewat pembangunan Ability Hub di Perumahan Metland Cibitung, Desa Telaga Murni, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju mengatakan, program ini sejalan dengan program Prioritas Bupati Bekasi dalam sektor Infrastruktur dan Ekonomi Kreatif.

Dimana, Pemkab Bekasi siap untuk membantu meningkatkan pelayanan bagi penyandang disabilitas melalui sinergi dengan berbagai program ekonomi kreatif, serta menyediakan lingkungan yang mendukung untuk penyandang disabilitas dalam mengembangkan kapabilitas dan tanggung jawab sosialnya.

“YMP (Yayasan Metropolitan Peduli) telah memberikan contoh positif kemitraan dan sinergitas antara pemerintah dan swasta dalam hal pembangunan, khususnya bagi pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas. Terlebih disini juga turut hadir Menteri Sosial, yang tentunya sangat mengapresiasi pembangunan Ability Hub ini” jelas Uju.

Uju berharap, Ability Hub ini nantinya akan memberikan manfaat langsung kepada para penyandang disabilitas dalam mengoptimalkan berbagai potensi dan keterampilan yang mereka miliki.

Tentunya melalui berbagai program pelatihan, pendampingan dan fasilitasi akses pemasaran sehingga dapat berdikari secara ekonomi.

Sementara itu, Thomas, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, menjelaskan Ability Hub ini merupakan wadah bagi para penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan keterampilan dalam memproduksi barang kerajinan dan konsumsi, serta cara memasarkannya.

Ability Hub ini akan menjadi pusat pembuatan kerajinan dan penjualan bagi penyandang disabilitas yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bekasi.

Hasil dari kerajinan tangan penyandang disabilitas ini pun akan di salurkan kepada konsumen umum yang membutuhkan, seperti hotel, retail dan lain-lain.

“Nantinya akan ada 12 jenis usaha yang bisa digunakan oleh para penyandang disabilitas. Tidak hanya itu, akan dibangun juga galeri untuk memamerkan hasil karya teman-teman disabilitas kepada masyarakat luas. Sehingga kedepannya akan di extend sebanyak 5 jenis usaha sehingga total keseluruhan akan ada 17 jenis usaha”  jelas Thomas.

Sebagaimana diketahui, Program Ability Hub adalah program yang diinisiasi oleh PT Metropolitan Land Tbk melalui Yayasan Yayasan Metropolitan Peduli (YMP).

Program ini memfasilitasi penyandang disabilitas dengan adanya pembangunan Ability Hub yang dilakukan di Perumahan Metland Cibitung, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, di atas lahan seluas 5.000 meter persegi. (Ers)

Disarankan
Click To Comments