Proyek Air Baku Lintasi Belasan Desa, Begini Penjelasan Pemkab Tangerang

WADUK KARIAN-SERPONG

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Proyek pembangunan pipa untuk penyaluran air baku Karian-Serpong akan melintasi belasan desa di Kabupaten Tangerang.

Dikabarkan sebelumnya, bahwa penetapan wilayah sudah dilakukan oleh pemerintah. Dan Desa-desa di Kabupaten Tangerang tersebut terdapat di empat kecamatan.

Wilayah yang masuk dalam penetapan wilayah proyek di Kecamatan Solear terdiri dari Desa Cikasungka, Desa Cikuya, Desa Cikareo, Desa Cireundeu, Desa Solear.

Kemudian, Kecamatan Tigaraksa di Desa Cileles, Desa Bantarpanjang, Desa Tapos. Sementara, Kecamatan Jambe di Desa Jambe, Desa Rancabuaya, Desa Ancol Pasir.

Dan yang terakhir adalah Kecamatan Legok yang terdiri dari Desa Ciangir, Desa Babat, Desa Bojongkamal dan Desa Cirarab.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang Taufik Emil, untuk jalur pipa tersebut pihaknya belum terkonfirmasi dari pemerintah pusat.

Sebab, kata dia, proyek pembangunan pipa dari waduk Karian di Kabupaten Lebak merupakan kewenangan Pemerintah Pusat yang dijalankan Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR.

“Untuk koordinat jalur pipa, kami belum terkoordinasi dari pusat, karena pembangunannya kewenangan Ditjen SDA Kementerian PUPR,” kata Emil Taufik saat dikonfirmasi ATMnews.id beberapa waktu lalu.

Sementara menurut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang Hendarto, rencana pembangunan saluran pembawa air baku Karian-Seprong pernah disosialisasikan untuk dilakukan konsultasi publik di kantor Kecamatan Jambe, akhir tahun 2019 lalu.

Namun dia mengaku tidak mengetahui secara jelas hasil dari pertemuan tersebut, kemudian menyarankan awak media untuk bertemu Kepala Desa yang terkena jalur pipa KSCS itu.

“Sosialisasi pernah dilakukan di Kecamatan Jambe, tapi dari Kecamatan Tigaraksa diwakili Kasie Ekbang, nah untuk hasilnya saya belum jelas. Untuk lebih jelas teknisnya lebih baik langsung datang ke desa, kita hanya sekedar mengetahui,” ungkap Hendarto ditemui di Kantornya. (ari/hisyam)

Disarankan
Click To Comments