HUT RI 76

Ratusan WN China Tertahan di Bandara Soekarno-Hatta

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sebanyak 208 warga negara (WN) China tertahan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang pada Jumat, 3 April 2020 malam.

Tertahannya mereka lantaran penerbangan yang membawa mereka ke negaranya dibatalkan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta, Saffar Muhammad Godam mengatakan, mereka tidak dapat kembali ke negara asalnya adanya larangan dari otoritas Tiongkok.

“Sehingga pesawat yang sedianya membawa mereka terpaksa dibatalkan,” terang Godam kepada wartawan, Sabtu (4/4/2020).

Sebelumnya, Godam menjelaskan, paspor WN yang terdiri dari 205 penumpang dewasa dan tiga bayi (infant) tersebut sempat dicap clearance tanda akan keluar dari Indonesia.

“Sebelumnya paspor mereka telah diberi cap clearance (cap exit dari Indonesia). Kemudian cap clearance tersebut dibatalkan karena adanya larangan itu,” tukasnya.

Untuk diketahui, seluruh penerbangan dari dan ke China melalui Bandara Soetta dihentikan sejak 5 Februari 2020 kemarin. Penerbangan dihentikan sejak mewabahnya COVID-19 di negara tirai bambu tersebut.

Namun saat ini, ratusan warga negara Tiongkok tersebut tengah bersiap meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta setelah mendapat izin dari imigrasi Tiongkok. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments