Terdampak Covid-19, Pemkot Tangerang Siapkan Program Pemulihan UMKM

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pemkot Tangerang tengah mengkaji berbagai program untuk pemulihan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19. Kota itu sendiri merupakan daerah jasa dan perdagangan yang warganya memiliki usaha di bidang perdagangan seperti kerajinan, kuliner dan lainnya.

“Kita sedang kaji bersama dengan berbagai perguruan tinggi terkait program apa saja nantinya untuk pemulihan UMKM di Kota Tangerang,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Arief meminta para pelaku UMKM bisa berinovasi dan produktif dengan memanfaatkan potensi yang ada, seperti pemasaran melalui media sosial atau berbasis daring. Pemulihan ini harus dilakukan agar pelaku UMKM tidak ada yang gulung tikar dan roda ekonomi bisa kembali bergulir.

“Kita dorong dan bina agar pelaku UMKM yang ada sekarang agar mereka bertransaksi via online. Kita juga ingin mahasiswa di tiap perguruan tinggi untuk hidup mandiri berwirausaha agar kembali menggairahkan UMKM di Kota Tangerang,” jelas Arief.

Menurut Arief sejak pandemi terjadi, sejumlah UMKM ada yang menghentikan usahanya karena tidak bisa produksi. “Tapi masih banyak juga pelaku usaha yang tetap bertahan, tapi pendapatannya rata-rata menurun,” jelasnya.

Terkait pembukaan pusat perbelanjaan di Kota Tangerang, Arief menambahkan hal tersebut masih tahap pengkajian. Saat ini pihaknya masih mengevaluasi terlebih dahulu pada pembukaan kembali tempat ibadah di tengah pandemi covid-19.

“Mudah-mudahan setelah rumah ibadah ini sudah stabil bisa melaksanakan ibadah seusai dengan protokol kesehatan, maka akan kita persiapkan lebih lanjut terkait pembukaan pusat perbelanjaan dan lainnya,” pungkas Arief. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE