Jokowi Soroti Kerja Menkes: Rp75Triliun Baru Keluar 1,53% Coba

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kerja Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto secara langsung. Orang nomor satu di Indonesia itu menilai, realisasi anggaran penanganan kesehatan masih jauh dari maksimal.

“Misalnya saya beri contoh, bidang kesehatan itu dianggarkan Rp75 triliun. Rp75 triliun baru keluar 1,53% coba. Uang beredar di masyarakat ke-rem di situ semua,” tutur Jokowi dalam video pembukaan Sidang Kabinet Paripurna tanggal 18 Juni yang diunggah Biro Pers Setpres, Minggu (28/6/2020).

Jokowi pun meminta agar anggaran itu segera digunakan. Utamanya untuk membayar tunjangan para tenaga medis.

“Pembayaran tunjangan untuk dokter, untuk dokter spesialis, untuk tenaga medis segera keluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera keluarkan. Ini sudah disediakan Rp70-an triliun seperti ini,” ungkapnya.

Jokowi juga menilai tidak ada progres signifikan dalam penanganan COVID-19. “Saya harus ngomong apa adanya enggak ada progres yang signifikan. Enggak ada,” tegasnya.

Bahkan, dia tak segan-segan bakal melakukan reshuffle kabinet hingga pembubaran lembaga. “Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” pungkasnya. (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE