PMI DKI Jakarta Berhasil Ambil Plasma Darah Konvalesen dari Pasien Covid-19 Sembuh

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta setidaknya telah berhasil mengambil 8 kantong plasma darah konvalesen. Plasma darah ini diambil dari sejumlah pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Plt Ketua PMI DKI Jakarta, Muhammad Muas mengatakan, pengambilan plasma darah konvalesen masih terus dilakukan oleh pihaknya.

“Saat ini masih berjalan, tapi memang kebutuhan masih seimbang karena ada beberapa tempat yang juga melakukan pengambilan plasma konvalesen,” ucapnya, Sabtu (11/7/2020).

Sementara, Kepala Unit Transfusi Darah PMI DKI Ni Ken Ritchie mengatakan, pengambilan plasma darah konvalesen dilakukan saat hari donor darah sedunia.

“Waktu pengambilan plasma konvalesen kami lakukan saat hari donor darah sesunia. Semenjak itu, kami sudah sapat donor tambahan lahi. Jadi sekarang masimg-masing golongan darah ada dua,” tuturnya.

Ni Ken menjelaskan, pihaknya belum bisa menyimpan plasma darah terlalu banyak lantaran penggunaannya masih dalam proses penelitian di Kementerian Kesehatan.

“Kita juga masih menunggu permintaan plasma darah konvalean ini dari rumah sakit karena ada persyaratan khusus bagi pasien yang akan menerimanya,” kata Ni Ken.

Adapun plasma darah konvalesen yang berhasil diambil ini berasal dari pasien sembuh dengan kategori tanpa gejala (OTG).

PMI sendiri masih berusaha mencari pasien dengan gejala berat yang telah sembuh untuk diambil plasma darahnya.

“Mungkin karena yang memiliki gejala dan saat ini sudah sembuh masih khawatir ya untuk mendatangi pusat kesehatan. Jadi, kami masih mencari yanh mau mendonorkan,” tuturnya.

Seperti diketahui, PMI DKI bekerja sama dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman untuk melakukan penelitian plasma darah konvalesen.

Nantinya, setiap plasma darah yang diambil oleh PMI akan langsung dikirimkan ke Eijkman. Kemudian, sampel tersebut akan diteliti kenetralan virus dan kadar antibodinya.

Apabila hasilnya baik, plasma darah tersebut nantinya akan digunakan untuk mengobati pasien Covid-19. (Jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...