Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Janur Desak Satpol PP Kota Tangerang Tertibkan Menara BTS Ilegal

Terkait menara Base Transceiver Station ( BTS ) milik Microsell yang disinyalir berdiri secara illegal di wilayah Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Direktur LSM Jaringan Nurani Rakyat (Janur) Indonesia, Ade Yunus mendesak agar Satuan Polisi Pamong Paja (Satpol PP) Kota Tangerang segera melakukan penertiban.

Pasalnya dikatakan Ade, sesuai Perwal nomor 19 tahun 2015 tentang Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi setiap penyedia BTS harus mengantongi IMB yang diterbitkan oleh Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Tangerang.

Berdasarkan aturan itu kata Ade, jika pembangunan menara BTS tidak mengantongi izin, maka sudah seharusnya penyedia menara itu diberikan sanksi adminstratif hingga pembongkaran.

“Kalau memang tidak ada izin ya harus dibongkar. Berdasarkan ketentuan sanksinya tidak ada perintah segel, langsung pembongkaran. Ya, Satpol PP yang harus membongkar,” tegas Ade.

Ade menjelaskan dalam Pasal 17 (ayat 1) bahwa pendirian BTS harus memiliki IMB) yang diterbitkan oleh Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPSP). Pada (ayat 2) penertiban IMB harus memperhatikan ketentuan tentang penataan ruang dan zona cellplan.

Sedangkan pada (ayat 3) permohonan IMB harus melampirkan surat keterangan zona cell plan dari Dinas Kominfo dan melampirkan SPPL.

Sementara itu menurut Ade, untuk pengajuan surat keterangan zona cellplan, penyedia menara harus memenuhi ketentuan yaitu diantaranya, surat tertulis ke Dinas Kominfo Kota Tangerang, melampirkan KTP pemohon, akte perusahaan, dan surat kuasa bermaterai. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan