Mahasiswa UNIS Tangerang Didorong Ciptakan Wirausaha Baru

UNIS JUGA DORONG PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA TANGERANG

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Mahasiswa Universitas Islam Syekh-Yusuf UNIS Tangerang didorong harus menciptakan entrepreneurship atau kewirausahaan dalam proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan setelah lulus.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Administrasi Negara UNIS Tangerang, Irvan Arif Kurniawan mengatakan, didalam prodinya itu, mahasiswa mendapatkan teori tentang kewirausahaan.

“Setelah itu kita mendorong dengan melakukan praktikum ke wirausahawan. Dan praktikum ini bervariasi, tergantung kebutuhan mahasiswa itu apa atau keinginannya apa,” ucapnya saat ditemui di UNIS Tangerang, Jum’at (4/9/2020).

Irvan menjelaskan, kedepannya mahasiswa juga didorong mendukung program usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Kota Tangerang pada tahun 2021 mendatang.

“Nah karena terkndala covid-19 mungkin tahun depan mulai kita laksanakan. Sebenarnya tahun ini. Kita coba tahun ajaran baru,” katanya.

Untuk mendorong hal tersebut, lanjut Irvan, pihak kampus mengadakan workshop tentang kewirausahaan dengan mendatangkan alumni dari UNIS Tangerang yang sudah memiliki usaha serta berkembang.

“Didalam itu, qpasi yang harus dipersiapkan, apa triknya, mulainya gimana. Kita juga mengundang pakar bagaimana membangun personal branding,” tuturnya.

Sebab katanya, kewirausahaan tidak hanya menjual barang dan jasa sana. Namum demikian, mahasiswa dituntut membangun personal branding dari usahanya tersebut agar otomatis yang dikerjakan itu menjadi nilai positif.

“Ternyata di Kota Tangerang itu banyak sekali potensi wirausaha yang bisa dikembangkan. Seperti Laksa Tangerang. Mungkin mahasiswa bisa berkecimpung disana untuk mengembangkan laksa atau produk lainnya,” ucapnya.

Irvan mengklaim, yang sudah ditonjolkan dari alumni UNIS Tangerang adalah kelompok usaha kecil. Yaitu, ada salah satu mahasiswa yang sudah mempunyai bengkel dan sudah mempekerjakan beberapa karyawan.

“Dan yang kita ajar itu bagaimana karakter, supaya mereka itu tahan banting dan mereka siap menghadapi segala tantangan atau hambatan. Kalau untuk yang lain kita akan menelusuri lagi.

Irvan menargetkan, mahasiswa harus mempunyai ide kreatif baru. Seperti katanya, bisa dalam menciptakan produk baru atau membuat konsep suatu pemecahan masalah di Kota Tangerang.

“Ya kalau bisa mahasiswa punya kreativitas dan punya usaha sendiri . Karena banyak mahasiswa diluar sana yang mandiri ternyata mereka punya usaha sendiri yg memberikan pendapatan sendiri. Mereka bisa menemukan peluang kerja baru. Tentu bisa membuat startup terkait usaha apa yang dibuat. Jangan lulus dari sini mencoba CPNS,” tukasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments