Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Serikat UMKM Nusantara dorong Pelaku UKKM Kantongi NIB dan IUMK

LEGALITAS UMKM PENTING UNTUK NYAMAN BERUSAHA

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Serikat UMKM Nusantara (SUN) menggelar program Legalisasi UMKM Biar Enak Berusaha (Luber). Program disebut guna memberikan kenyamanan usaha bagi pelaku UMKM.

Pasalnya pelaku akan mengantogi Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Program yang dijalankan berkat kerjasama dengan Qyu Official. Dan ini merupakan program pelayanan Gratis bagi pelaku UMKM. Khususnya bagi pelaku UMKM perorangan yang belum memiliki NIB dan IUMK.

“Legalitas pelaku UMKM ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan mereka berusaha. Apalagi banyak bantuan pemerintah yang mensyaratkan pelaku UMKM memiliki NIB dan IUMK ini,” jelas Sanusi, Founder Serikat UMKM Nusantara, Selasa (22/9/2020).

Dikatakan Sanusi, dari jutaan pelaku UMKM di Nusantara, tidak banyak yang memiliki NIB atau IUMK. Padahal, saat ini proses pembuatan NIB dan IUMK bisa diakses secara gratis secara online melalui layanan terpadu One Stop Service [OSS] Badan Koordinasi Penanaman Modal.

“Meskipun bisa diakses gratis, tidak banyak yang bisa menjalankan prosedural pendaftaran online tersebut. Makanya SUN melaksanakan Program LUBER ini untuk membantu kemudahan bagi pelaku UMKM mendapatkan layanan gratis tersebut,” katanya.

Melalui sistem OSS, pelaku UMKM yang mendaftarkan diri, nantinya tidak hanya mendapatkan NIB atau IUMK, namun juga mendapatkan Izin Lingkungan, dan Izin Lokasi yang semuanya terintegrasi. “Jadi tak pelu lagi mengurus izin lokasi atau izin lingkungan ini ke Pemda [Kelurahan/Kecamatan] setempat. Langsung dapat dari OSS,” tegas Sanusi.

Sanusi menyarakankan, kemudahan usaha ini, harus dimanfaatkan baik oleh pelaku UMKM. Karena dari akses legal ini, pelaku UMKM akan banyak terfasilitasi oleh pihak-pihak terkait.

“Kenapa banyak pelaku UMKM tidak mendapatkan bantuan permodalan di tengah covid ini, salah satunya karena tidak memiliki legalitas. Makanya, mari sama-sama kita taat dulu atas aturan main UMKM, tandas Sanusi.

sebagai informasi, sebagai percontohan untuk Nasional program LUBER oleh SUN ini akan dilaksanakan setiap Hari Selasa, di Sekretariat Qyu Official di Jl. Cakra Buana I, RT.008/RW.001, Kunciran Indah, Kec. Pinang, Kota Tangerang.

Kedepannya, program ini juga akan dilaksanakan di 11 Provinsi dan 68 Kabupaten/Kota yang sudah terbentuk kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah [DPW] dan Dewan Pimpinan Daerah [DPD]-nya se-Nusantara.

“Pilot Project untuk Program LUBER ini adalah di Kota Tangerang. Dan Mulai Oktober nanti akan kita laksanakan serentak di 11 DPW dan 68 DPD Serikat UMKM Nusantara yang sudah terbentuk,” pungkas Sanusi. (chenk)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...