HUT RI 76

Diduga Pedofil, WN Amerika Ditolak Masuk ke Indonesia

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Ahmad Lee Yunus (57), warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat ditolak masuk ke Indonesia. Ia ditolak masuk di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, diduga terlibat kasus pedofil.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I, Bandara Soekarno-Hatta Romi Yudianto mengatakan, pihaknya mengamankan dan mencegah Lee melakukan perjalanan dengan tujuan ke Bali itu lantaran muncul Red Notice.

Notifikasi tersebut yang diterbitkan Interpol pemeriksaan di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami mengamankan seorang warga negara Amerika Serikat dari penerbangan ANA Air, terkait indikasi pedofil di negaranya. Kemudian muncul red notice atas dirinya, kami pun menolaknya masuk ke Indonesia,” ujarnya, Senin (26/4/2021).

Romi menuturkan, pihaknya akan memasukkan WNA tersebut ke ruang detensi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, sambil menunggu jadwal deportasi ke negara asalnya, pada Rabu, 28 April 2021.

“Kita akan melakukan deportasi ke Amerika dengan menggunakan pesawat yang sama.
Penerbangan pukul 08.40 WIB,” jelasnya.

PERNAH TERLIBAT KASUS

Sementara, Lee membenarkan bila dirinya pernah terlibat kasus pedofil di negara asalnya. Namun dirinya mengaku kasus tersebut telah berlalu dan ia telah menjalani hukuman atas perbuatannya di negaranya.

“Itu tahun 2006, sudah putusan. Saya sudah menjalani masa hukuman,” ucapnya dengan menggunakan bahasa Inggris saat diinterogasi petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta.

Lee pun tidak mengetahui mengapa namanya masih masuk dalam red notice interpol, sehingga dirinya harus dideportasi ke negara asalnya.

Dia mengaku datang ke Indonesia lantaran ingin menjalani puasa di negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, lantaran ia merupakan seorang mualaf sejak tahun 1990an.

“Tujuan saya ke Indonesia ini juga karena Indonesia negara mayoritas muslim. Saya ingin menjalani berpuasa di sini,” jelasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments