HUT RI 76

Anies Baswedan Targetkan Herd Immunity di Jakarta Tercapai saat Hari Kemerdekaan

JAKARTA,PenaMerdeka – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menargetkan, Ibu Kota mencapai imunitas kolektif (herd immunity) saat peringatan Hari Kemerdekaan 2021 mendatang. Saat ini pihaknya tengah menggenjot program vaksinasi.

“Hari-hari ke depan, saya minta bantuan kepada Forum RT-RW siap melindungi, menjaga, dan meningkatkan imunitas warga Jakarta,” katanya dalam keterangan pers, Minggu (13/6/2021).

“Kampanye vaksinasi digenjot sampai Agustus. 17 Agustus saat kita memproklamasikan kemerdekaan, saat itu kita proklamasikan Jakarta mencapai imunitas kolektif,” lanjutnya.

Anies menjelaskan, imunitas kolektif dapat tercapai apabila 7,5 juta penduduk Jakarta sudah divaksinasi Covid-19. Tercatat, ada 10 juta penduduk di Jakarta, apabila 75 persen sudah divaksinasi bisa dikatakan Ibu Kota mencapai kekebalan kolektif.

“Per hari ini kita sudah melakukan vaksin targetnya adalah tiga juta warga. Dari target itu hingga Juni, kita sudah melakukan vaksinasi 95,7 persen atau 2,87 juta (warga),” katanya.

“Tinggal 130.000 warga maka tercapai tiga juta. Dari tiga juta perlu ditambahkan 4,5 juta. Jika 4,5 juta tercapai, maka Jakarta bisa tercapai imunitas kolektif sehingga suasana lebih tenang, kegiatan ekonomi bergerak kembali dan Jakarta bangkit kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” paparnya.

Anies juga mengatakan, tingkat kematian Covid-19 di DKI Jakarta termasuk paling rendah di Indonesia. “Angka pengetesan tinggi dan banyak sehingga terdeteksi awal sehingga terselamatkan anggota keluarga yang terpapar Covid-19,” kata Anies.

Anies menambahkan, Jakarta memilih melindungi setiap putra-putri yang ada di DKI Jakarta dengan terbuka dan transparan soal penanganan Covid-19. (jirur)

Disarankan
Click To Comments