HUT RI 76

SMAN 6 Kota Tangerang Perbanyak Siswa Lolos ke PT Negeri, Ternyata Ini Strateginya

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Target kuota kelolosan siswa ke perguruan tinggi (PT) Negeri di SMA Negeri 6 Kota Tangerang tahun 2021 naik sekitar 75%.

Dibanding tahun 2020, angka siswa yang lolos tercatat sebanyak 48 orang.

Sekarang ini, menurut Arbani Kepala SMA Negeri 6 Kota Tangerang, capaian semenjak dirinya menjabat kepala sekolah (Kepsek) sudah 76 siswa yang bisa masuk ke PT negeri. Dan ini harus ditingkatkan lagi untuk lulusan tahun berikutnya.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan harus mempunyai program. Dan program ini memang sudah saya laksanakan sebelum-sebelumnya (SMAN-3 dan SMAN-12),” ucap Arbani kepada penamerdeka.com, Jumat (3/9/2021).

Agar target tecapai Arbani mengaku membentuk tim internal sekolah mengevaluasi. Tim yang sudah terbentuk menginventarisir biodata siswa.

Dari catatan prestasi rapor dari kelas 10 hingga 12, IQ test hingga kemampuan ekonomi orangtua siswa jika nantinya berminat melanjutkan ke PT negeri.

“Karena dari sisi biaya hidup jika penghasilan ekonomi ortu siswa tidak sepadan bakal mempengaruhi kelangsungan ketika siswa kuliah. Nah ini kita arahkan. Maka itu siswa kita genjot dengan program dan sistim,” ucapnya.

Prestasi yang sudah diraih semenjak siswa masih duduk di bangku SMP juga harus dipertahankan. Begitu juga ketika siswa sudah di SMA harus stabil kalau perlu ada peningkatan. Sebab akan mempengaruhi peluang siswa untuk lolos ke PT Negeri.

Dia melanjutkan, jika prestasi meningkat maka peluangnya bukan hanya lolos tetapi bahkan bisa mengantongi beasiswa dari PT Negeri.

“Sekarang kan sudah banyak PT negeri memberikan program beasiswa kepada siswa tidak mampu dan apalagi mempunyai prestasi,” ujar Arbani.

Mereka yang lolos masuk ke PT negeri menurutnya sudah tersebar di seluruh indonesia. Ada yang lolos kuliah di UNJ Jogjakarta, ITB atau IPI Bandung, IPB Bogor dan banyak juga dari PT di daerah Jakarta, Untirta Serang bahkan wilayah Sumatera dan lainnya.

Arbani mengatakan, semua anak atau siswa rata-rata ingin melanjutkan kuliah yang berlabel negeri. Pihaknya dengan tim membuka peluang selebar-lebarnya kepada semua siswa.

“Mereka mempunyai kesempatan sama. Asalkan giat disiplin. Insya Allah bisa tercapai,” tukasnya.

Lalu program ke depan bukan saja capaian ke PT negeri yang ingin diraih SMA Negeri 6 Kota Tangerang. Tetapi pihaknya juga mencari peluang agar siswa bisa mendapat beasiswa ke luar negeri.

Arbani menuturkan, saat dia menjadi Kepsek di SMA Negeri 3 Kota Tangerang ada sejumlah siswanya yang lolos mendapat beasiswa ke Turki.

“Ada yang lolos ke Turki. Yang Rois pandai Alquran tahun lalu lolos ke Turki dapat beasiswa,” ucapnya.

Ini kata Dia, salah satunya tugas tim membuka akses. Sekarang ini jamannya sudah gampang untuk mendapat informasi untuk mendapat program beasiswa di luar negeri. Peluang seperti ini menurutnya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Meskipun kita mempunyai tim Humas dan BK di internal SMA Negeri 6, tetapi untuk mencapai hal ini harus ada keterlibatan orangtua. Kondisi siswa harus stabil supaya tidak mengganggu belajarnya. Ini jadi penting,” kata Arbani.

Dan jumlah total siswa dari kelas sembilan (9) dan dua belas (12) hingga Agustus 2021 ada sebanyak 1.145 orang.

Pihaknya saat PPDB lalu berhasil menekan angka rombongan belajar (rombel). Dalam setiap rombel pada kelas sepuluh (10) tahun ajaran baru kali ini dengan jumlah standar sebanyak 36 siswa.

“Kelas 10 total ada 11 rombel. Kalau aturan rombelnya bagus sistem belajarnya juga bagus. Ini juga untuk mendukung program supaya berhasil,” ucapnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments